Spesifikasi Xbox Series S Disebut Mengecewakan

LAZONE.ID - Ini alasannya.

Spesifikasi Xbox Series S disebut mengecewakan. Karena konsol ini dibilang tidak akan lebih bagus dari Xbox One X yang dirilis beberapa tahun lalu.

Xbox Series S memang dirilis sebagai versi lebih ekonomis dari Xbox Series X. Sehingga ada spesifikasi yang harus disesuaikan untuk menekan harga jualnya.

Microsoft sendiri menjadikan Xbox Series S sebagai konsol yang berada di entry-level. Lalu apa yang membuat banyak orang merasa spesifikasinya malah jadi mengecewakan?

Salah satunya adalah spesifikasi 20 CU (compute units) di pemrosesan grafisnya. Sebenarnya Xbox Series S juga disebut-sebut menggunakan grafis AMD RDNA. Namun untuk yang satu ini, compute unit-nya hanya di angka 20. Sebagai perbandingan, Xbox One X yang dirilis beberapa tahun lalu menggunakan 40 CU.

Dengan spesifikasi pemrosesan grafis seperti ini, dikhawatirkan Xbox Series S tidak akan sanggup untuk menjalankan game di generasi berikutnya. Terlebih dengan resolusi yang semakin meningkat dan paling tidak sudah menggunakan 1080p.

Namun di saat yang sama, perlu diingat juga bahwa Xbox One X meski punya 40CU namun pemrosesannya menggunakan grafis arsitektur AMD yang lama. Sementara itu Microsoft sendiri belum memberikan keterangan soal spek lengkap ini sehingga perbandingan ini belum bisa dibilang valid.