Keduanya udah dirilis di sebagian negara di dunia. Jadwal perilisan yang berbeda di setiap regional ini emang bikin sebagian fans merasa kecewa, tapi tentu aja antusiasme mereka tetap terjaga.

PS dan Xbox punya fans mereka sendiri. Meski secara teknis PS dan Xbox ada di level yang sama, para gamer selalu membandingkan keduanya dari berbagai aspek. Bahkan Sony dan Microsoft selaku produsen masing-masing konsol punya persenjataan khusus buat konsol mereka seperti game eksklusif yang cuma bisa dimainkan dalam konsol mereka. Misal, The Last Of Us dan God Of War yang cuma bisa dimainkan di PlayStation dan franchise game Halo yang cuma bisa dimainkan di Xbox.

Karena secara alami keduanya bakal terus bersaing, banyak juga yang terus membandingkan keduanya di generasi terbaru ini. Dan mungkin, para pengguna PS sekarang harus mengakui bahwa Xbox lebih unggul.

Apa yang membuat konsol milik Microsoft ini menang dari PS?


Kunci kemenangan Xbox kali ini ada di sisi memori penyimpanan data yang tertanam di dalamnya.

Keduanya emang udah menggunakan teknologi SSD yang bikin proses pengolahan data jauh lebih cepat dari sebelumnya, cuma Xbox berhasil mengungguli PlayStation soal penambahan kapasitas. 

Keduanya emang dibekali slot tambahan yang bikin para gamer bisa menambahkan SSD baru untuk memperbesar kapasitas memori penyimpanan yang mereka miliki. Tapi, Sony melakukan sesuatu yang dianggap fatal oleh sebagian orang.

Mereka ‘mengunci’ slot tambahan yang ada hingga membuat gamer gak bisa menambah kapasitas untuk sementara waktu.


Sony membuat software yang ada di dalam PlayStation 5 gak bakal membaca memori tambahan ketika gamer menambahkan SSD baru pada slot yang tersedia. Padahal mungkin udah banyak yang merencanakan storage expansion langsung ketika mereka membelinya. Sayangnya, para pengguna PS harus sabar untuk melakukan hal tersebut.

Kabarnya Sony baru bakal membuka kunci yang mereka berikan pada slot tersebut pada update software di kemudian hari. Mungkin gak terlalu signifikan buat semua orang, tapi ada sebagian yang menilai ini sebagai salah satu poin minus untuk PlayStation.

Ditambah, game di konsol next gen bakal banyak yang memakan ruang penyimpanan sangat besar. Contoh aja Call Of Duty Black Ops: Cold War yang kabarnya bakal memakan memori hingga 133 GB. Ini bakal membuat player yang menggunakan PS5 akan cepat kehabisan ruang penyimpanan pada konsol yang mereka mainkan.