Smartphone saat ini udah jadi suatu kebutuhan, setuju enggak? jadi jangan heran kalo banyak orang yang menyimpan data-data pribadinya dalam smartphone. Nah, sekarang lo harus mulai hati-hati nih karena smartphone ternyata punya celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang enggak bertanggung jawab.

Waspada! Ini Tanda-tanda Kalo Smartphone Lo Lagi Di-hack

Apalagi, data-data pribadi yang lo simpan itu bisa dengan mudah dicuri oleh para peretas. Tapi enggak usah khawatir, gue akan kasih tau tanda-tanda kalo smartphone lo lagi diretas. Simak ulasannya di bawah ini.

 

Baterai smartphone sering berkurang drastis secara tiba-tiba

Kalo tiba-tiba baterai smartphone lo berkurang drastis, padahal lo merasa pemakaian normal-normal aja, lo harus waspada. Bisa aja hal itu terjadi karena ada aplikasi enggak dikenal yang berjalan secara background. Aplikasi itu bisa aja kaya malware yang bisa mencuri data dari smartphone lo. Solusinya, jangan sembarangan install aplikasi dari sumber yang enggak dikenal.

 

Smartphone tiba-tiba menjadi hangat

Kalo smartphone lo menjadi hangat, enggak ada salahnya kalo lo mengecek aplikasi apa aja yang lagi lo buka. Kalo lo menemukan aplikasi yang enggak lo kenal, saran gue cepet-cepet lo hapus dan jangan pernah lagi install aplikasi dari sumber yang engak dipercaya.

 

Wi-fi sering aktif sendiri

Kalo lo lagi berada di tempat umum, terus wi-fi lo aktif sendiri, lo harus waspada. Bisa aja saat itu smartphone lo lagi disadap. Lewat koneksi Wi-fi di tempat umum, para peretas bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data ke target yang mereka inginkan.

 

Muncul suara aneh saat melakukan panggilan

Kalo smartphone lo lagi dalam kondisi disadap, pasti muncul suara bising dan aneh selama lo melakukan panggilan telepon. Kalo itu terjadi, lo harus benar-benar waspada bro, apalagi kalo lawan bicara lo ngerasa suara panggilan normal-normal aja.

 

Kuota tiba-tiba boros

Kuota mendadak boros biasanya salah satu tanda ada aplikasi yang lagi mengirim data tanpa sepengetahuan lo. Jadi lo sering memakai paket data, lo pasti hafal kan berapa lama kuota lo bertahan. Tapi kalo tiba-tiba jadi boros, lo harus waspada dan segera dicek ada aplikasi apa aja yang terinstall ya.