Samsung punya smartphone dengan empat kamera belakang. Beberapa brand yang lainnya pun sudah mulai memproduksi smartphone dengan kamera belakang yang tak lagi hanya sekedar ganda. Nokia melompat lebih tinggi, secara resmi merilis smartphone dengan lima kamera belakang.

Yap, rumor soal Nokia 9 PureView memang sudah beredar sejak lama di kalangan pecinta gadget. Tapi akhirnya lewat event MWC 2019, smartphone ini resmi diluncurkan. 

Tak banyak perubahan desain dari tampilan foto-foto bocoran yang sudah lamba beredar. Di bodi belakang smartphone ini ada lima kamera yang tersusun dalam bentuk heksagonal. Dilengkapi dengan lampu kilat juga.

Masing-masing kamera punya resolusi 12MP yang ketika memotret, semuanya akan mengambil foto pada saat yang sama. Kemudian gambar akan diproses dan menjadi satu file foto dengan ukuran yang cukup besar namun tajam dan sangat detail.

Nokia 9 PureView dibekali sensor kamera buatan Zeiss. Tiga lensa kamera ini bertugas sebagai kamera monokrom. Sementara dua yang lainnya adalah kamera dengan warna RGB. Selain lima kamera belakang, smartphone ini juga punya dua kamera depan. Jadi secara total Nokia 9 PureView punya tujuh kamera.

Untuk memproses foto tersebut, di dalam ponsel ini dibenamkan Snapdragon 845 dikombinasikan dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Layar OLED dengan ukuran 5,99 inci beresolusi 2K sudah terpasang dan akan membuat tampilan layarnya makin bening.

Fitur lain yang dimiliki adalah NFC, wireless charging, USB-C, tidak ada audio jack 3,5 mm, didukung sertivikasi IP67, dan juga Gorilla Glass 5. Baterai Nokia 9 PureView 3.320 mAh dengan Android Pire versi murni. Ponsel ini dibanderol sekita Rp 9,8 jutaan dan akan dijual mulai Maret.