Belakangan dunia sedang darurat ekstrimis. Banyak banget oknum-oknum yang berusaha menyebarkan paham ekstrem mereka lewat internet. YouTube salah satunya.

Nah menyikapi hal ini bro, YouTube punya machine learning yang bisa membantu mereka buat membasmi konten-konten berbau ekstrimisme dan terorisme. Demi menciptakan platform yang aman disaksikan semua kalangan.

Teknologi machine learning ini mampu membuat YouTube mendeteksi video-video yang mengandung hate speech misalnya. Bahkan sebelum ada pengguna yang melaporkan video tersebut.

Machine learning yang digunakan YouTube terbilang cepat dan efisien dibandingkan dengan manusia dalam mencari video yang melanggar aturan. 75% penyisiran konten dilakukan mesin dan sisanya didukung oleh manusia.



Video yang melanggar ketentuan YouTube dalam tahap parah akan dihapus. Yang melanggar lainnya juga bisa mendapat peringatan dan dibuat nggak bisa menayangkan iklan, nggak masuk daftar rekomendasi, fitur komentar dan like-nya pun akan tidak berfungsi.

Dalam waktu dekat ini, YouTube akan meluncurkan pembatasan video ke desktop. Butuh waktu untuk benar-benar bisa berfungsi sepenuhnya. Semoga berguna untuk menciptakan kenyamanan di internet ya!