Be Inspiring Boss

LAZONE.ID - Menjadi boss yang inspiratif tentu akan menghasilkan tim yang kuat dan sukses.

Menjadi boss yang inspiratif tentu akan menghasilkan tim yang kuat dan sukses. Tapi tidak gampang menjadi boss yang inspiratif, butuh pembelajaran dan pengetahuan. Nggak hanya asal perintah dan menekan bawahan.

Paling malas kan lihat boss yang punya gaya bossy banget. Nggak cuma bikin males kerja tapi dateng ke kantor pun karyawan malas. Hasilnya, kerja nggak maksimal. Makanya loe merasa punya bawahan jangan cuma dianggap sebagai karyawan yang harus kerja, perlu dikasih spirit supaya semangat kerja, dan target bisa tercapai dengan baik. Bukan boss yang menimbulkan ketakutan dan menyebarkan keserakahan.

Nah, ini nih ciri boss yang bikin bawahannya semangat kerja dan menjadi inspirasi bawahannya:

1. Tujuan

Boss yang inspiratif punya tujuan yang lebih tinggi, untuk membuat orang lain, terutama bawahannya sukses. Bukan hanya diri pribadinya yang sukses.

2. Memberikan Timbal Balik

Seorang boss yang inspiratif merasakan punya kewajiban memberikan timbal balik kepada bawahannya. Tidak hanya menuntut bawahan untuk memenuhi target, tetapi juga bisa memberikan support dari keberhasilan targetnya.

3. Menghargai Bawahan

Sebagai boss loe wajib berterima kasih pasa suatu keberhasilan yang telah diraih anak buah. Tidak merasa keberhasilan itu semata-mata loe sebagai boss yang pintar. Yang begini tentu boss yang membosankan.

4. Punya Keyakinan

Keyakinan memang modal sebagai boss. Dengan keyakinan segala rencana dan target yang ditetapkan tentu akan dilaksanakan. Keyakinan ini tidak hanya pada dirinya, tetapi juga ditanamkan pada bawahannya sebagai pelaksana lapangan.

5. Empati

Kepedulian pada orang lain bagian dari rasa ingin selalu berbagi. Termasuk pada bawahan dan orang-orang sekeliling yang membutuhkan bantuannya.

6. Tim Fokus

Mampu menyebarkan pengaruh baik pada timnya. Tidak membual tentang dirinya sendiri, bahkan mengarahkan pujian pada timnya yang selalu mengalami kemajuan. Dan memberikan support dan solusi untuk berbagai masalah di timnya.

7. Energi

Energi positif yang dibawa seorang boss tentu akan mempengaruhi pada bawahannya. Bikin bawahan semangat ke kantor dan menyelesaikan pekerjaan dengan suka rela. Kalau pekerjaan dilakukan dengan hati, hasilnya tentu juga akan lebih bagus.