Sukses Bisnis Kuliner Di Usia Muda, Ini 7 Rahasianya!

LAZONE.ID - Bisnis kuliner lagi rame dilakoni pebisnis muda, bro. Gak perlu modal gede, simpel, untungnya juga lumayan. Asalkan, 7 rahasia ini loe jadiin patokan!

Bisnis kuliner lagi rame dilakoni pebisnis muda, bro. Gak perlu modal gede, simpel, untungnya juga lumayan. Asalkan, 7 rahasia ini loe jadiin patokan!

Buat loe yang pengen mencoba jadi enterpreuner muda lewat bisnis kuliner, mungkin jadi jawaban paling banyak. Makanan emang ‘gak ada matinye’, semua orang butuh makan, bro. Apalagi, bisnis kuliner dengan buka cafe akan lebih ringan dan enggak butuh modal besar, dibanding restoran. Nih, 7 rahasianya kalo mau sukses, bro!

1. Tempat atau Lahan
Pasti setiap orang yang mau memulai bisnis ini bakal mikirin tempat yang strategis, seperti di pinggir jalan raya atau dekat pusat perkantoran. Tapi buat loe yang enggak dapat tempat strategis juga jangan berkecil hati. Manfaatin lahan yang ada aja, bro.. Cafe juga enggak butuh tempat yang luas, minimal 6 x 4 meter juga udah cukup kok.

2. Menu Andalan
Berbeda dengan restoran yang semestinya menawarkan setidaknya 10 menu makanan dan minuman. Tapi untuk cafe, loe bebas aja cuma punya satu menu andalan. “Tapi dari satu menu andalan itu, baiknya sih dibikin banyak variannya, bro,” saran Akbar Satria, salah satu enterpreneur muda yang juga pendiri cafe Celemotan di kawasan Tangerang dan Jakarta Selatan.

3. Unik dan Kreatif
Kesan ini harus ada di kafe loe, bro. Bisa dari dekorasi tempat, menu-menu yang disuguhin, bisa juga penamaan makanannya sendiri. Malah, nama cafe yang dibuat unik dan kreatif, kerap menggelitik orang dan bikin penasaran. Karena hal ini jadi bagian strategi marketing juga bro, biar cafe loe banyak dikunjungin konsumen.

4. Target Market
Poin ini juga jadi pertimbangan penting, bro. Siapa dan konsumen mana yang loe bidik, biar dateng ke cafe, loe. Di tengah persaingan bisnis cafe yang menjamur, memilih target market yang spesifik, layak dicoba. Terbukti, beberapa cafe atau bisnis kuliner tertarget, cukup sukses diterima pasar. Contoh simpel Makaroni Ngehe yang ngebidik pasar ABG, belakangan lagi ngetren, tuh.

5. Fasilitas
Mau menimalisir pengeluaran? Loe boleh aja gak nyediain meja dan kursi. Sekarang juga udah banyak cafe dengan model lesehan gitu. Tapi lebih baik lagi minimal loe sediain meja kecil aja, duduknya tetap lesehan gak masalah. Pasang musik-musik pelan yang memanjakan telinga para konsumen. Satu fasilitas yang bakal bikin orang betah, WiFi gratis.

6. Karyawan
Untuk membuka usaha, apapun itu, emang harus turun tangan awalnya, bro. Biar loe tahu juga apa kekurangan dan kelebihan yang ada. Loe bisa denger langsung apa kata pelanggan. Baru setelah itu rekrut karyawan untuk bantu-bantu loe menyiapkan pesanan.

7. Strategi Marketing
Di era informatika seperti sekarang ini, gampang banget kalo mau promosiin sesuatu, bro. Lewat sosial media aja, udah bisa sampai ke tangan orang-orang di manapun mereka berada. Loe tinggal deketin aja temen loe yang punya banyak follower atau friend di sosial media. Lalu minta bantu dia untuk promosiin cafe loe.