Bisnis Food and Beverage for Beginner, Pelajari Dulu Kebutuhan Masyarakat Sekitar Loe

LAZONE.ID - Mau menekuni bisnis makanan dan minuman tapi belum pernah melakukannya sama sekali? Jangan keder duluan kalau belum nyoba. Jangan bingung harus mengawalinya dari mana?

Mau menekuni bisnis makanan dan minuman tapi belum pernah melakukannya sama sekali? Jangan keder duluan kalau belum nyoba. Jangan bingung harus mengawalinya dari mana?
Terlepas yang dijual enak atau gak, jika ingin memulai bisnis food and baverage, loe harus punya strategi penting yang kudu dijalani. Coba jawab beberapa pertanyaan ini, yang juga menjadi penjelasan bakal lancar nggaknya bisnis F&B lo.

Apakah loe tahu kebutuhan makanan dan minuman di sekitar loe saat ini apa aja? Makanan kelas berat macam nasi dan lauk pauk, atau yang "refreshing" sekaligus bikin kenyang sebentar, seperti gorengan, sosis bakar, kebab dan es campur? Yang paling dibutuhkan dong yang bakal loe jual, lengkap sama trademark loe, misalnya sambel khas, logo dan sebagainya.

Yang kedua, anggaran dan lokasi bisnis loe berapa dan bagaimana? Lalu cara menjualnya bagaimana? Mau terima order pakai telepon dan kirim pakai jasa antaran, buka warung atau restoran, atau memanfaatkan halaman rumah? Anggaran bisa disesuaikan dengan cara dagang ini. Kalau restoran mesti modal gede dan kalau di halaman bisa lebih santai.

Setelah anggaran, lalu fikirkan soal lokasi, bahan baku untuk makanan dan minuman yang akan dijual yang juga kudu memenuhi standar. Nah, yang terakhir loe mesti punya strategi jitu menawarkan, atau mempromosikan jualan loe. Tapi namanya jualana makanan biasanya promo dari mulut ke mulu. Satu orang cocok akan ditularkan ke rekannya yang lain. Dan, rasa dan harga loe bisa bersaing bro.