Cowok Petualang: DI MATA CEWEK, LEBIH HOT?

LAZONE.ID - Cewek selalu jatuh cinta pada sosok hero. Dari dongeng kanak-kanan sampai film romantis dan super hero kelas mutakhir.

Cewek selalu jatuh cinta pada sosok hero. Dari dongeng kanak-kanan sampai film romantis dan super hero kelas mutakhir. Di mata perempuan, cowok petualang, pemberani, dare devil itu lebih hot, lebih seksi, lebih bikin turn on. Baik itu untuk hubungan serius, pernikahan, hubungan platonik atau bahkan affair sesaat sekalipun.

Ini bukan sekadar opini atau selera pribadi. Tapi ada bukti ilmiahnya. Sebuah penelitian di Universitas Liverpool, Inggris, menjelaskan fenomena ini berdasar pendapat panel dan studi literatur, legenda dan budaya populer. Menurut riset mereka, cowok ideal memiliki pekerjaan yang menuntut dia menunjukkan aksi heroik sekaligus pengabdian.

Seperti dr. Doug Ross dalam serial TV E.R yang diperankan George Clooney atau Oliver Quinn di serial Arrow. “Jenis laki-laki yang bisa diandalkan dalam krisis, selalu masuk dan keluar dari situasi bahaya, biasanya demi orang lain,” kata Robin Dunbar, professor psikologi evolusi di Universitas Liverpool.

Bersama Dr. Susan Kelly, Prof. Dunbar menanyai 60 perempuan untuk menilai 8 tipe laki-laki yang cocok untuk kekasih atau pasangan jangka panjang, jangka pendek atau sekadar teman. Laki-laki ini bervariasi dari pemadam kebakaran penerima penghargaan sampai pemain golf dan pegawai administrasi supermarket. Tiap karakter dirancang agar mencerminan tingkat keberanian dan jiwa sosial, apakah mereka bekerja demi penghargaan finansial atau sosial.

“Laki-laki berjiwa sosial pemberani yang mengambil risiko dalam kapasitas profesionalnya lebih menarik karena mengindikasikan bahwa cenderung lebih berani dan bisa diandalkan, bukannya egois, layaknya yang sesekali mengambil risiko.

Menurut riset ini, perempuan menginterpretasikan aksi keberanian sebagai bukti kemampuan laki-laki untuk melindungi dan mendapatkan sumber yang dibutuhkan perempuan. “Mungkin juga karena mereka cenderung punya gen terbaik,” lanjut Durban.