Dari Hobi, Bisa Jadi Uang

LAZONE.ID - Pekerjaan paling sedap, dibayar untuk melakukan hal yang loe cintai. Bro, peluang menghasilkan uang, karir atau keuntungan itu bisa muncul dari mana saja.

Pekerjaan paling sedap, dibayar untuk melakukan hal yang loe cintai.
Bro, peluang menghasilkan uang, karir atau keuntungan itu bisa muncul dari mana saja. Termasuk salah satu yang paling besar kemungkinannya, hobi loe. Kenapa? Karena pekerjaan yang dimulai dari hobi, pasti dilakukan dengan sepenuh hati, dengan kegembiraan. Kalau dikelola dengan profesional, dengan sungguh-sungguh, hobi merupakan pekerjaan paling menguntungkan. Baik secara ekonomi maupun psikologis. Melakukan hal yang loe cintai dan mendapat bayaran dari situ. Sedap banget kan? Lima hobi berikut merupakan sebagian di antaranya.

Blogging

Jika loe betah berlama-lama di depan laptop, sambil menuliskan ungkapan pikiran dan kegalauan terhadap sesuatu dan lingkunga, membangun blog menjadi salah satu yang bisa menghasilkan duit. Asah bakat menulis kamu dengan mencari blog domain gratis di layanan blog, seperti WordPress atau Blogger. Pilih desain template dan menyusun entri tulisan yang menarik.
Jangan khawatirkan nggak ada yang baca, yang penting fokus pada konten dengan menikmati dan mempelajari teknik menulis, agar orang tertarik membacanya. Dengan cara ini, lama-kelamaan akan terbangun portofolio Eloe yang dapat digunakan masuk ke dalam dunia blogging berbayar.

Account seperti Amazon dan Google AdSense adalah cara mudah untuk mendapatkan uang iklan dari blog Eloe. Selalu pelajari lebih lanjut tentang bagaimana membuat uang dari blogging di Internet.

Musik

Jangan hanya dinikmati sendiri hobi musik loe. Bisnis ini bisa masuk ke semua segmen lho, tua, muda, laki maupun perempuan. Yang penting Eloe punya cara menikmati musik dan mendatangkan penonton.

Jika Eloe suka main alat musik, bisa mengajar atau memberikan les privat. Jaringan seperti iTunes, Amazon, dan Google, harus dimanfaatkan. Daftarkan diri SoundCloud, Pandora, Spotify atau yang lainnya.

Gaming

Hobi main game tidak ada salahnya disalurkan untuk mengais rupiah. Untuk mendapatkan uang melalui game, salah satu contohnya bisa dilakukan seperti di The Wizard. Jika loe memang sudah berminat, bisa juga bergabung di liga profesional. Loe nggak harus jadi gamer paling terampil yang penting bisa mempromosikan diri loe di dunia gamer. Jaringan internet seperti YouTube, Livestream, uCast bisa loe manfaatkan buat promosi.

Menggambar

Tidak semua seniman hidup susah, malahan banyak dari mereka yang kehidupan mewah. Kalau loe suka menggambar, bisa dikembangkan ke desain grafis, seperti membuat logo dan mendesain barang merek tertentu.

Fotografi

Sekarang banyak banget orang doyan selfie. Artinya, banyak orang senang difoto. Kalau loe punya minat lebih dalam di dunia fotografi, website seperti Shutterstock, CafePress atau yang lainnya bisa dipakai sebagai ajang promosi dan menjual produk loe. Peristiwa, seperti pernikahan, arisan, kegiatan perusahaan atau instansi bisa jadi tempat loe ‘menjual diri’. Untuk kegiatan off air, biasanya bekerja sama dengan EO atau penyelenggara kegiatan akan mempermudah promosi dan menambah portofolio loe.

Kolektor

Eloe suka mengumpulkan barang, seperti koin, uang antik, komik, perangko, hotwheel, atau gadget bisa dipakai untuk mendapatkan uang. Bisa untuk jual beli, atau jual tukar koleksi. Zaman sekarang banyak dilakukan orang melalui online dan komunitas jual beli tertentu. Pemakaian situs jual beli yang kini makin banyak akan mempermudah Elo mempromosikan dan menjualnya.