Food Truck Bussiness for Beginner: HITUNG CERMAT 5 POIN INI

LAZONE.ID - Menjadi pengusaha sukses menjadi impian banyak orang. Usaha yang tren dan digandrungi saat ini salah satunya adalah kuliner.

Menjadi pengusaha sukses menjadi impian banyak orang. Usaha yang tren dan digandrungi saat ini salah satunya adalah kuliner. Pekembangan bisnis kuliner kini dibarengi dengan lifestyle. Nggak hanya jadi tempat nongkrong asyik tetapi juga menjadi gaya hidup konsumen dan pengusahanya.

Salah satu yang lagi jadi primadona, bisnis food truck. Selain jenis makanan yang dijual makin beragam, model kendaraan yang dipakai juga makin beragam. Dari kendaraan roda tiga, truk engkel besar, hingg mobil-mobil klasik. Yang pasti tampilan menu dan kendaraan sangat menarik. Tergiur pengin menjajal serunya bisnis food truck? Ayok! Persiapkan semua dengan matang, terutama pertimbangkan 5 hal berikut.

Pilihan Kendaraan

Pilihan kendaraan menentukan pasar pembeli dan lokasi yang mau disasar. Jika lokasi umum, seperti mall dan ke acara pesta sebaiknya siapkan kendaraan dengan ukuran sedang. Seperti yang dilakukan Amelia, pebisnis food truck yang menggunakan VW combi yang dimodifikasi. “Pilihannya pada VW agar bisa dibawa mengunjungi konsumen yang mengundang untuk acara pesta di rumah,” terang Amelia.

Selain ukuran, jenis kendaraan harus diperhitungkan. Untuk pemula sebaiknya menggunakan kendaraan massal, yang khusus buat food truck dibuat oleh karoseri umum. Kalau menggunakan mobil klasik custom, tentu harganya jauh lebih mahal.

Pilihan Menu

Pilih menu yang gampang dan cepat menyajikannya. Tentu saja enak dan punya ciri khas tersendiri. Biasanya konsumen food truck bukan tipe konsumen yang loyal, dalam arti jarang yang akan mengikuti ke mana food truck ada. Tetapi akan mudah mengingat food truck yang punya menu khusus, enak dan sajian menggiurkan.

Promosi

Food truck adalah bisnis yang trendi dan erat dengan lifestyle. Media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan path harus selalu mengupdate lokasi dan kegiatan food truck. Selain media sosial, web juga perlu dimanfaatkan lho. Pokoknya, manfaatkan semua media untuk woro-woro keberadaan food truck kita.

Pilih Lokasi

Lokasi merupakan pilihan vital dalam bisnis food truck. Karena bisa menentukan di mana mau menggelar jualan. Lebih enak, karena bisa menentukan pilihan event atau tempat yang sekiranya ramai, banyak dikunjungi orang. Istilahnya, jemput bola, ke tempat pembeli yang ramai. Ini perlu ada kerja sama dengan penyelenggara event.

Jam Operasional

Uniknya berjualan dengan food truck, jam operasional bisa diatur tidak setiap hari. Kalau setiap hari, pilihan banyak pada sore hingga malam. Sebab pada jam-jam itu, banyak masyarakat melakukan aktifitas diluar jam kerja. Bisa juga operasional dilakukan akhir pekan. Biasanya kegiatan event dilakukan pada Sabtu dan Minggu, dari pagi hingga larut malam. Seru kan?