Jangan Lakukan, Kecuali Pingin Dipecat!

LAZONE.ID - Kita sering membaca berita tentang selebriti berbuat onar, liar atau kriminal yang berujung ke kantor polisi bahkan penjara.

Kita sering membaca berita tentang selebriti berbuat onar, liar atau kriminal yang berujung ke kantor polisi bahkan penjara. Dari berantem di cafe, konsumsi narkoba, selingkuh sampai kasus video porno. Setelah berlalunya waktu, masyarakat akhirnya akan lupa, ganti topik sensasional yang lain.
Tapi ini tidak berlaku untuk pihak-pihak yang berhubungan secara profesional. Dari banyak kasus, selebritis itu kehilangan kontrak iklannya. Mereka dipecat karena perilaku buruk mereka. Seperti Tiger Woods yang kehilangan banyak kontrak iklan karena skandal seks.
Enggak cuma seleb, ini juga berlaku buat kita lo. Ada hal-hal tertentu yang enggak bakal dimaafkan kalau sampai bos loe tahu. Konsekuensinya bisa sampai dipecat. Apa aja tuh?

1. Ditahan Polisi

Berurusan dengan polisi, apalagi kalau sampai jadi berita. Enggak cuma bos loe, klien dan teman-teman kerja loe bakal memandang loe dengan beda. Mungkin loe nggak sampai dipecat, kecuali terbukti bersalah, tapi pasti banyak yang tertunda sampai nama loe benar-benar bersih. Dari tugas sampai promosi. Rugi kan...

2. Postingan Berisiko di Internet

Foto loe lagi mabuk di Facebook mungkin kelihatan lucu buat loe dan teman-teman loe. Tapi kalau bos atau klien loe ikutan liat, itu memalukan. Buruk buat reputasi loe.

3. Bocorin Rahasia Perusahaan

Ini pelanggaran etika dan bisa membahayakan perusahaan. Juga reputasi loe, bahkan di hadapan perusahaan lain atau calon kantor baru loe yang diuntungkan oleh bocornya informasi ini. Kalau loe bisa melakukan di perusahaan loe sekarang, hal yang sama bisa juga terjadi pada perusahaan selanjutnya.

4. Menjelekkan Bos, Teman, Klien

Enggak ada yang senang jadi bahan omongan buruk. Kalau ini loe lakukan, bos loe mungkin memecat loe. Teman loe, memusuhi loe. Klien loe, cari vendor lain. Banyak deh ruginya...

5. Double Job

Tiap perusahaan biasanya punya kebijakan beda-beda soal ini. Tapi kalau dilakukan apalagi kerja buat kompetitor, risikonya biasanya buruk.

6. Mabuk di Depan Bos & Teman

Walaupun itu pesta kantor, tapi selama berkaitan dengan kerja, jangan melakukan hal yang memalukan. Termasuk mabuk. Di lingkungan berkaitan dengan kerja, loe mesti tetap profesional.

7. Pernyatan Diskriminatif

Kebebasan berpendapat tidak sama dengan bicara seenak udel. Hati-hati bicara, jangan sampai melukai perasaan atau harga diri bos, teman atau klien. Apalagi kalau loe dianggap mewakili kantor, perusahaan loe pun bisa kena getahnya.

8. Melecehkan

Apalagi kalau sampai bersifat seksual. Urusannya bisa sampai ke ranah hukum bro...

9. Ketangkap Basah Bohong

Ngakunya sakit dan enggak bisa masuk kerja, tapi ternyata malah ngemall. Bayangin loe kemudian ketemu bos di mall. Di mata bos, ini jadi bukti nyata kalau loe enggak berkomitmen pada perusahaan, pekerjaan atau profesi loe.