Mulai Usaha Dengan Modal Nekat? Siap-siap Gagal!

LAZONE.ID - Mau memulai usaha sendiri Bro dengan bermodal nekat? Mending lurusin dulu deh. Yang namanya bisnis itu tidak bisa pakai modal â

Mau memulai usaha sendiri Bro dengan bermodal nekat? Mending lurusin dulu deh. Yang namanya bisnis itu tidak bisa pakai modal ‘nekat’ karena nekat berarti tanpa perhitungan.

Dalam artian juga, loe memulai usaha modal dengkul, tanpa uang, tanpa modal. Hanya modal nekat. Artinya, pemahaman terhadap siklus bisnis loe minim, sehingga terjebak pada ungkapan dan istilah.

Padahal dibalik nekatnya itu banyak sekali poin yang sebenarnya bisa dicerna baik-baik. Terlalu sombong jika mengatakan dirinya sukses bisnis modal nekat. Karena kenekatan itu hanya bagian dari terkecil proses bisnis yang panjang. Semodal nekatnya loe tetap butuh uang Rp 6000 buat beli materai bro, hehehe.

Sebetulnya yang terjadi, modal nekat dalam hal ini tetap saja dibarengi modal pemikiran dan analisa, atau diplomasi, atau skill marketing dan lain sebagainya. Sukses bisnisnya karena diberikan Tuhan sebuah skill analisa, skill komunikasi. Kalau ada yang mengatakan sukses bisnis modal nekat, takutnya generasi nanti akan terpola dengan pola pikir nekat, nekat pakai lahan orang lain, nekat pakai janji kosong, nekat memakai modal orang, sekaligus nekat alasannya, jika tidak kembali modal.

Percaya deh dibalik modal "nekatnya" loe tetap menggunakan logika dalam alam pikiran. Modal keyakinan di hati, bahwa semua Tuhan yang mengatur, kalau seperti itu dimensi "hanya dengan modal nekat" adalah ungkapan yang mengabaikan logika sebenarnya dalam bisnis.

Mungkin justru ada modal lain yang disembunyikan untuk tidak disebut, walau modal jaringan perteman saja. Sehingga “nekat” nya ini tidak saat membangun bisnis, tetap nekat tidak memberitahukan kepada kita, nekat tidak transparan atas modal lain, dan yang terparah adalah nekat tidak mengakui kemudahan yang diberikan Tuhan. Jadi terlalu naif kalau loe mendewakan kepada "kenekatan". So mulailah bisnis dengan berhitung bro, gak ada lagi yang namanya modal nekat.