Nike Cortez dan Onitsuka Tiger Mirip, Ternyata Ini Permasalahannya!

LAZONE.ID - Akhirnya terbongkar juga!

Pasti lo pernah bertanya kenapa beberapa sneakers Onitsuka Tiger seri Corsair dengan Nike seri Cortez itu hampir sama. Nah, ternyata kemiripan dua sneakers ini bukan karena sengaja nih, ada cerita di baliknya. 

Cerita ini enggak lepas dari perusahaan bernama Blue Ribbon Shoe Company atau BRS yang didirikan oleh Philip Knight dan Bill Bowerman.

Phil saat itu lulus dari Stanford University. Doi pergi ke Jepang menemui Onitsuka Tiger untuk meyakinkan bahwa sepatu itu punya potensi yang bagus untuk dijual di Amerika Serikat. 

Nike Cortez dan Onitsuka Tiger Mirip, Ternyata Ini Permasalahannya!

Tahun 1963, Phil bersama Bowerman menjadi distributor sepatu Onitsuka Tiger di AS di bawah BRS. Dalam perjalanannya, mereka mendirikan Blue Ribbon Sports, yang kelak menjadi Nike Inc.

BRS mengimpor seri Limber untuk pasar AS. Limber merupakan sepatu pertama yang menampilkan garis khas Onitsuka. Setahun kemudian, muncul seri baru yang dinamai Cortez. 

Sepatu ini jadi populer, tapi hubungan antara Onitsuka dan BRS malah memburuk akibat perselisihan soal hak cipta sampai ke meja pengadilan. 

BRS menang bro. Nama Cortez berhasil doi pegang penuh. Tapi, Onitsuka tetap memproduksi sepatu serupa, namun dengan nama Corsair.

Cortez kemudian dianggap sebagai sepatu pertama Nike. Bowerman memberi ciri lambang Swoosh pada sepatu itu, dan menggunakan midsole rancangan sendiri. Sedangkan Corsair menggunakan garis Onitsuka dan midsole EVA.