'Guru Bangsa Tjokroaminoto' menang di kategori paling bergengsi Festival Film Bandung 2015 yang baru digelar, Sabtu (12/9) malam. Film arahan sutradara Garin Nugroho itu mengalahkan '2014, Siapa di Atas Presiden', 'Pendekar Tongkat Emas', 'Surga yang Tak Dirindukan' serta 'Toba Dreams'.

Film yang tayang pada 9 April 2015 itu dibintangi oleh Reza Rahadian sebagai pemeran utamanya. Bercerita tentang tokoh Bangsa H.O.S Tjokroaminoto yang merupakan Godfather dalam cikal bakal politik di Indonesia.

Sementara Laudya Cynthia Bella berhasil meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terpuji lewat aktingnya di film 'Surga yang Tak Dirindukan.' Bella unggul dari Dewi Irawan, Dian Sastrowardoyo, Laura Basuki dan Nirina Zubir.

Untuk kategori Pemeran Utama Pria Terpuji disabet Vino G Bastian yang menjadi pemeran utama film 'Toba Dreams'. Di nominasi tersebut Vino berhasil unggul dari tiga aktor lainnya, yaitu Chicco Jerikho, Reza Rahadian, dan Rio Dewanto. Tapi untuk kategori ini Deddy Sutomo yang berperan di film 'Mencari Hilal' juga keluar sebagai pemenang.

Sutradara Benni Setiawan yang mengarahkan 'Toba Dreams' turut keluar sebagai pemenang. Di kategori tersebut ada Angga Dwi Mas Sasongko, Garin Nugroho, Ifa Isfansyah, Rahabi Mandra dan Hanung Bramantyo yang masuk nominasi.