Beberapa film yang tayang di bioskop akhir-akhir ini menunjukkan pahlawan-pahlawan yang lihai menggunakan senjata panah. Nah rupanya hal ini merangsang peminat les panahan di Amerika Serikat. Sebut saja film The Hunger Games, The Avengers, Snow White and the Huntsmen, dan sebentar lagi, film animasi Brave. Film-film tersebut adalah beberapa judul film yang punya karakter mahir menggunakan senjata panahan. Mungkin terinspirasi oleh tokoh tersebut, sejak Desember 2011 lalu, jumlah anggota peminat olahraga panahan di Amerika Serikat, menurut lembaga panahan USA Archery, melonjak sekitar 20%. Teresa Iaconi, jurubicara USA Archery mengatakan peningkatan jumlah peminat tersebut khususnya terjadi dalam 2-4 bulan terakhir, seiring dengan demam film Hunger Games. Film-film ini sekaligus berhasil mengedepankan olahraga panahan ke kultur pop. Salah satu tempat berlatih panahan di New York, Queens Archery, yang dimiliki pasangan Lizzio melihat kelonjakan peminat hingga 50%. Melihat tren ini, sebuah klub olahraga, New York Sports Clubs bahkan menawarkan pola olahraga yang menggunakan alat mirip busur panah disamping gerakan-gerakan aerobik. Menurut pelatih kebugaran di klub olahraga tersebut, Amira Lamb, gaya panahan ini sebenarnya memanfaatkan keinginan seseorang untuk menjadi pahlawan dan lebih menarik ketimbang kelas-kelas olahraga pada umumnya yang hanya menggunakan bar dan dumbbell. Tak hanya meningkatkan ketertarikan pada bidang olahraga, namun film-film yang mengedepankan panahan itu juga membuat pelaku industri fashion pun tengah melirik busana yang dikenakan pemanah. Hermes, contohnya. Pada koleksi tahun 2011 lalu, rumah mode asal Paris ini mengeluarkan koleksi yang menampilkan busur dan panah terbuat dari kulit. MajalahV bulan Maret 2012 melansir foto sampul Christina Hendricks mengenakan gaun sambil memegang busur panah. Sumber : Daily Mailbanner-ads