4 Band Ini Mengubah Genre Musik Mereka

LAZONE.ID - Tetap sukses walau ganti aliran

Saat memulai karir bermusik, sebuah band bakal dikenal karena membawakan aliran musik tertentu, terlebih kalau aksi manggung dan musik mereka lebih menonjol dari musisi lain di genre tersebut. Identitas tersebut bakal dibawa dalam waktu yang lama dan mengganti genre musik adalah hal yang beresiko untuk para musisi besar.

Emang gak ada salahnya sih mereka mau ganti genre musik seperti apa pun, tapi apra pendengar biasanya harus beradaptasi lagi dengan gaya bermusik mereka yang baru. Bahkan gak sedikit fans yang bakal mulai berhenti mendengarkan sebuah band cuma karena mereka ganti genre.

Tapi biasanya itu perlu dilakukan, Bro. Salah satu faktornya adalah karena para band dan musisi ini juga perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Nah ini Bro, beberapa band dunia yang mengubah genre musik mereka.

Linkin Park

Di awal kehadirannya, Linkin Park dikenal sebagai band yang membawakan genre Nu Metal. Beberapa hits di era 2000an seperti Numb, In The End, dan What I’ve Done dianggap bikin mereka tenar pada genre ini, Bro. Bahkan album Meteora dan Hybrid Theory dinilai sebagai salah satu album genre Nu Metal paling sukses di dunia.

Namun tahun 2007 lalu mereka merilis Minutes To Midnight yang bawain aliran musik alternative rock. Aliran baru ini bikin Linkin Park lebih bersahabat buat disiarkan di radio. Lalu tahun 2017 lalu tepat di tahun meninggalnya Chester Bennington, mereka merilis One More Light yang lebih punya nuansa pop di dalamnya.

Paramore

Gak cuma Linkin Park yang berubah jadi alternative rock, Paramore juga melakukannya pada tahun 2013.

Di tahun 2000an, Paramore bisa dibilang merupakan salah satu band ikon musik pop punk yang memiliki sentuhan emo. Hayley Williams bakal sempat dianggap sebagai ikon emo cewek dunia. Lagu di album Riot yang rilis 2007 adalah contoh kuat genre pop punk berbalut emo milik mereka.

Namun pada tahun 2013 saat mereka merilis album Self-Titled, nuansa alternative rock baru terasa muncul menggeser musik berbalut emo yang selama ini jadi ciri khas.

Bring Me The Horizon

Kayaknya genre alternative rock emang jadi aliran yang populer untuk sebuah band. BMTH juga jadi salah satu band besar yang mengubah gaya bermusik mereka jadi alternative rock.

Pada tahun 2004 mereka bisa dibilang sebagai pionir di genre metalcore dengan album Count Your Blessings dan Suicide Season. Namun album Sempiternal pada tahun 2013 mulai bikin mereka beralih ke warna musik alternative rock. Bahkan album mereka yang berjudul Amo menurunkan tone musik mereka jadi lebih slow dengan electronic rock.

Fall Out Boy

Tahun 2009 lalu, Fall Out Boy sempat memutuskan buat vakum dari dunia musik dan kembali beraksi di atas panggung tahun 2013. Mereka kembali dengan sebuah album berjudul Save Rock and Roll.

Album ini mengubah genre mereka jadi lebih kental dengan nuansa pop, dan kerennya Fall Out Boy mengajak musisi besar seperti Big Sean, Courtney Love, hingga Elton John dalam produksinya.