Fakta FSTVLST, Band Rock Sidestream dari Yogyakarta

LAZONE.ID - Band ini punya aliran yang unik, "Almost Rock, Barely Art."

Ngomongin skena musik nih Bro, gak lengkap kayaknya kalau gak ngomongin daerah Yogyakarta. Daerah ini jadi salah satu daerah penghasil musisi-musisi sidestream ternama di Indonesia. Sebut saja Shaggydog, Endank Soekamti, Sheila On 7, dan ada FSTVLST.

FSTVLST (dibaca Festivalist) ini dibentuk pada tahun 2003 dengan nama awal Jenny. Saat masih menggunakan nama Jenny, band ini butuh enam tahun buat  menghasilkan sebuah album yang berjudul ‘Manifesto’ dan dua single yaitu ‘Hujan Mata Pisau’ dan ‘Hari Terakhir Peradaban’.

Band rock yang beranggotakan Farid Stevy Asta (vokal), Roby Setiawan (gitar), Humam Mufid Arifin (gitar bas) Danish Wisnu Nugraha (drum) Rio Faradino (keyboard) ini bakal manggung di FestivaLAnd Semarang 8-10 November nanti lho, Bro. Berikut ini gue rangkum beberapa fakta band asal Jogja ini sebelum nanti lo liat mereka manggung di sana.
 

Ngisi soundtrack Filosofi Kopi 2.

Ternyata, band rock ini juga jadi salah satu pengisi soundtrack di film ‘Filosofi Kopi 2’ Bro. Film ini emang bikin beberapa musisi yang ngisi soundtracknya jadi terkenal. Lagu yang ada di film tersebut adalah ‘Hari Terakhir Peradaban’ yang dibuat semasa nama band mereka masih Jenny.

 

Farid Stevy memulai karir sebagai desainer.

Sang vokalis, Farid Stevy ternyata mengawali karirnya bukan sebagai musisi. Dalam wawancaranya dengan sebuah media, Farid mengatakan bahwa sebelum punya band dirinya punya profesi sebagai desainer dan visual artist.

 

Identik dengan warna merah, putih, dan hitam.

Sebuah band biasanya punya ciri khas visual sebagai identitas mereka. Nah salah satunya adalah FSTVLST yang menggunakan warna merah, putih, dan hitam sebagai warna yang identik dengan band mereka. Menurut Farid, ini adalah sebagai bagian dari rebranding band Jenny ketika berubah nama jadi FSTVLST. Saat itu dirinya sedang diskusi tentang identitas band mereka yang baru karena ganti nama dan munculah ide tersebut.

 

Album HITS KITSCH jadi salah satu album terbaik di Indonesia 2014.

Di awal tahun 2015, FSTVLST dapet sebuah prestasi yaitu salah satu album mereka dinobatkan jadi satu dari 20 album terbaik di Indonesia tahun 2014 versi majalah Rolling Stones edisi Januari 2015.

Penasaran gak Bro sama aksi panggung FSTVLST? Makanya buat lo yang di Semarang dan sekitarnya jangan sampe ketinggalan FestivaLAnd Semarang 8-10 November nanti. Lo juga kudu ajak temen-temen supaya bisa seru-seruan bareng di sana!