Gara-gara Burung, Festival Musik Ini Hampir Batal!

LAZONE.ID - Soalnya burung ini masuk dalam kategori dilindungi

Pasti lo enggak percaya kan? serius bro, ini benar-benar terjadi. Jadi gini, ada seekor burung killdeer (Charadrius vociferus) yang lagi bersarang di area festival musik tahunan Kanada, Bluefest.

Burung itu ditemukan oleh para pekerja yang sedang menyiapkan salah satu panggung utama festival. Saat itu, burung tersebut lagi melindungi empat telurnya. Nah, karena status killdeer sebagai burung bermigrasi yang dilindungi, jadinya para petugas enggak berani mindahin burung dan sarangnya tanpa meminta izin dari pemerintah.

Gara-gara Burung, Festival Musik Ini Hampir Batal!

Padahal, Bluefest akan diadakan pada 5 Juli 2018 dan akan dihadiri oleh 300.000 orang. Soalnya, kalo dipindahin terlalu jauh, burung killdeer bisa meninggali sarangnya.

Apalagi telur burung ini masih harus dierami atau diinkubasi selama tiga sampai empat minggu untuk menetas. Untungnya, pihak Bluefest nemuin tempat baru yang sesuai bagi sarang burung itu. Pemerintah Lingkungan Kanada juga telah memberikan izin.

Sejauh ini, induk burung enggak ninggalin sarangnya. Namun kalo hal yang ditakutkan tersebut terjadi, Bluefest berjanji akan membawa telur-telur itu ke Woodlands Wildlife Sanctruary di Minden untuk diinkubasi dan ditetaskan.