Hans Zimmer, Sang Komposer “Penyelamat Film”

LAZONE.ID - Banyak dari karyanya yang membuat adegan-adegan dalam film jadi lebih menarik

Film bisa dibilang adalah sebuah bentuk karya seni yang paling komplit. Di dalamnya, lo bakal melihat banyak bentuk seni bertemu dan berpadu sekaligus. Para aktor menunjukkan seni peran mereka di hadapan kamera, penata visual dan kru visual lain tentu aja menampilkan seni visual dari film tersebut. Desainer kostum juga menunjukkan seni mereka dengan mendesain kostum seindah dan se-relevan mungkin dengan film yang sedang dibuat.

Lalu ada satu faktor yang benar-benar tidak bisa dipisahkan selain dari seni peran dan beberapa yang gue sebutkan tadi, yaitu musik. Tanpa iringan musik di belakang adegan-adegan yang ada, film tersebut bakal seperti adegan kosong yang gak kerasa “nendang”.

Ngomongin soal komposer musik Bro, ada satu nama yang udah melegenda, yaitu Hans Zimmer.

Iringan musik yang dibawakan oleh Hans Zimmer di dalam film seolah-olah memberikan film tersebut sebuah jiwa tersendiri. Bahkan, ketika sebuah film dapat penilaian negatif, musik yang dibawakan Hans Zimmer di dalamnya mendapatkan banyak komentar positif.

Salah satu yang terkenal mungkin adalah ketika adegan pertarungan Superman dan Doomsday dalam film Batman v Superman tahun 2016 lalu.

Adegan tersebut sebenarnya banyak banget dapat kritik karena CGI yang digunakan terasa buruk. Bahkan beberapa adegan terlihat seperti gambar yang tidak melalui proses render. Namun, iringan musik dari Hans Zimmer tetap membuat adegan ini terlihat epic dan dramatis. Bahkan penonton dibawa lebih emosional dengan iringan musik tersebut di bagian akhir. Hans Zimmer dianggap menyelamatkan adegan tersebut dari kehancuran total dengan iringan musiknya yang megah, menggugah, dan emosional.

Atau salah satu yang terkenal adalah ketika dirinya menjadi komposer untuk film Interstellar. Saat adegan pendaratan pesawat di salah satu stasiun luar angkasa yang ada, adegan ini terasa lebih menegangkan dengan semua kekacauan yang terjadi di dalamnya.

Bahkan Bro, dirinya juga pernah menang Oscar untuk nominasi Musik Orisinil Terbaik dalam film The Lion King (1995).

Yang terbaru, Hans Zimmer jadi komposer untuk film No Time To Die. Bahkan belum lama ini Billie Eilish merilis soundtrack film tersebut yang dinyanyikan olehnya dan diiringi oleh Hans Zimmer. Lagu tersebut terasa dark dan punya kesan yang sedih untuk penutup rangkaian cerita James Bond versi Daniel Craig.

Sebagian penikmat film pun ada yang menunggu hasil karyanya di film terbaru James Bond nanti. Penutup kisah Daniel Craig sebagai agen rahasia Inggris ini emang butuh sesuatu yang epic sebagai klimaks. Mungkin, Hans Zimmer bakal punya peran untuk hal tersebut dalam bentuk musik pengiring yang emosional.

Menurut lo sendiri, sebesar apa sih pengaruh musik pengiring di dalam sebuah film?