Enea Bastianini adalah salah satu rising star yang saat ini sedang naik daun, pembalap muda yang punya performa dahsyat di MotoGP musim 2021. Hal ini bikin namanya semakin dikenal publik di MotoGP 2022.

Di MotoGP 2022, Bastianini sukses memiliki performa yang cukup baik. Dia berhasil meraih juara pertama di MotoGP Qatar dan MotoGP Americas. Sayangnya di MotoGP Portugal, dia nggak bisa menyelesaikan balapan. Sedangkan di MotoGP Indonesia dia hanya bertengger di posisi ke-11 dan di MotoGP Spanyol dia hanya berada di posisi kedelapan.

Nggak heran jika pembalap asal Italia ini punya daya tarik tersendiri berkat performanya yang ciamik. Selain karena performanya yang gokil, dia juga punya daya tarik besar di luar sirkuit nih, Gengs. Sebagai rising star, cukup menarik untuk membahas beberapa fakta menarik Enea Bastianini. Penasaran apa saja fakta menarik Enea Bastianini? Berikut pembahasan lengkapnya.

1.  Enea Lekat dengan Angka 3

Nomor Favorit Enea

Baca Juga: Bastianini Menang di Qatar Biasa, Juara Austin di Luar Biasa



Lahir di Rimini, Bastianini pertama kali mengendarai minibike di usia 3 tahun 3 bulan sehingga membuatnya lekat dengan angka 3. Hal ini yang kemudian mendorongnya pakai nomer 33 di motornya, ketika dia debut buat berkarir di balapan professional. Bastianini juga mengakui kalau angka 3 adalah angka kesayangannya. Makannya dalam balapan, dia nggak bisa lepas dari unsur angka 3, bahkan saat dia mengganti nomernya menjadi 23.

2. Berprestasi Sejak Kecil

Prestasi Kecil Enea Bastianini
Source : Instagram

Setelah sukses berkarir di minibike di berbagai kategori seperti Honda HIRP Trophy 100cc, MiniGP 70cc Italian Championship dan Honda RS125 Trophy, di mana ia menjadi juara selama musim 2012, dia kemudian mengikuti kompetisi yang lebih solid lagi.


Di tahun 2013, Bastianini berkompetisi di Red Bull MotoGP Rookies Cup, di mana ia meraih dua kemenangan sampai akhirnya bisa finis di posisi keempat di klasemen akhir. Di sinilah kemudian Bastianini hijrah dan mengikuti kompetisi Moto3 dan berhasil ikut di lima kali balapan di kejuaraan Italia.

3. Hanya Berkarier Sebentar di Moto2

Karir Enea di Moto2

Jika Bastianini cukup lama berkarir di Moto3 dari tahun 2014 hingga 2018, ternyata karirnya tergolong singkat ketika dia menginjakan kaki di Moto2. Namun meski hanya sebentar, Bastianini berhasil meraih prestasi gemilang.

Berkarir di Moto2 dari 2018 sampai 2020 bersama Kalex, Bastianini berhasil menjadi Juara Dunia dengan raihan 205 poin. Kemenangan ini menjadi modal berharga buat Bastianini yang langsung gaspol ke MotoGP di tahun 2021.

4. Kemenangan Pertama Enea Bastianini di MotoGP

Kemenangan Enea Pertama di MotoGP
Source: Instagram

Saat dia nginjekin kaki di MotoGP, Bastianini langsung pake seragam Avintia Esponsorama Racing. Di sana dia tandem sama Luca Marini yang dulu juga jadi temennya di Moto2. Sayangnya di sepanjang musim 2021, Dewi Fortuna belum menjangkau Marini.

Kemudian dia baru bisa jadi juara di MotoGP satu tahun setelahnya yaitu di tahun 2022. Bastianini berhasil meraih kemenangan pertamanya di MotoGP saat ngelakuin MotoGP Qatar 2022. Berkat kemenangan itu poin Bastianini jadi gemuk dan doi sekarang menduduki posisi tiga klasemen sementara MotoGP 2022.

5. Film dan Karakter Favorit Enea Bastianini Seumur Hidupnya

Film Favorit Bastianini, Harry Potter
Souce: Youtube

 

Walaupun kerjaannya balapan terus, kenyataannya Bastianini juga sering ngabisin waktu buat nonton film. Dia katanya sangat suka dengan film Harry Potter dan ngejadiin film itu sebagai film favorit utamanya.

Gilanya, lo harus tahu juga karakter film favorit si Bastianini itu siapa. Ternyata, Hagrid adalah karakter film favorit yang paling digemari sama Bastianini. Aneh kan? Tapi disitulah keunikannya, Gengs, yang nggak bisa disamain sama orang lain.

6. Ternyata Jago Olahraga Lain Selain Balap Motor yang Dituangkan lewat Selebrasinya

Enea Jago dalam melakukan backflip

Nggak hanya jago soal balapan aja nih, ternyata Bastianini juga sangat jago olahraga lain. Lo yang suka dengan performanya pasti pernah liat selebrasinya saat doi menang kan? Biasanya ketika menang, Bastianini melakukan backflipping atau disebut juga salto.

Ternyata, dia jago backflip bukan karena otomatis dari sananya tapi dia bisa ngelakuin itu suka senam dan menyelam tuh. Nggak heran, kalau dia jadi jago banget untuk ngelakuin backflipping plus langsung ngejadiin gerakan itu sebagai selebrasi kemenangannya.

7. Bastianini Punya Kesamaan dengan Valentino Rossi

persamaan antara Enea dan Rossi
Source : Youtube

Baca Juga: Dipuji Sang Juara, Bastianini Rider Ducati Terbaik



Jalan yang dilalui Bastianini di MotoGP emang masih panjang banget. Tapi meski begitu, dia udah ngebidik supaya bisa menang gelar di MotoGP. Kerennya, dia punya janji yang sama dengan Valentino Rossi yang pernah dilakuin di masa lalu.

Katanya, kalo dia menang MotoGP 22, dia janji bakal ngewarnain rambutnya dengan warna bendera Italia seperti yang dilakukan Valentino Rossi pada 1999. Kalo ini terjadi, mereka beneran sama banget mulai dari janji, kewarganegaraan, sampe ke gaya rambutnya! Gokil.

Oiya jangan lupa, di masa lalu, Valentino Rossi juga pernah pake motor Ducati. Ini juga sama dengan motor yang dipake oleh Bastianini, Gengs. Karena pas bergabung ke MotoGP, Bastianini langsung gabung ke tim satelit Ducati yang otomatis motornya emang Ducati.

8. Enea Jago Masak dan Sering Memasak saat Berkumpul Bersama Teman dan Keluarga

Enea Mahir dalam Memasak
 

Ternyata nggak cuman jago olahraga dan balapan aja nih, Bastianini juga punya talenta untuk masak. Dia katanya jago banget masak dan kalo misalnya teman-temannya lagi nongkrong sama-sama, dia biasanya bakal bikin makanan penutup.

Lo mau tau makanan apa yang dia bikin? Dia bakal bikinin Pancake yang tentu aja ngebuatnya cukup susah karena butuh ketelitian. Ternyata dia emang udah banyak banget ya kebiasaannya. Sampe masak juga dia jago banget.

Yang lebih keren ini kebiasaan masaknya dituangin kalo lagi nongkrong sama temen-temennya. Gimana? Makin ngefans kan lo pada?

9. Alasan Enea Ganti Nomor pada Motornya

Nomor Motor Bastianini
Source: Instagram

Nomer favorit Bastianini adalah 33 ternyata ada alasan nih. Selain doi menang Moto2, tapi juga karena dia mulai mengendarai motor saat masih kecil. Tapi sayangnya saat doi memutuskan buat pindah ke MotoGP, dia mesti ganti nomer.

Akhirnya mau nggak mau Bastianini mesti ganti nomer deh dan dia harus geser nggak pake lagi nomer kesayangannya. Lantas yang ada di pikirannya adalah dia bakal ganti ke nomer 23. Lo tau kenapa? Alasannya karena dia juga ngefans sama Michael Jordan yang punya nomer punggung 23 pas doi masih aktif main basket nih. Keren nggak tuh, Gengs? Hal ini karena Nomor 23 punya Jordan sendiri emang sudah melegenda di dunia basket.

10. Pembalap Favoritnya Bukan Valentino Rossi, Marc Marquez, atau Casey Stoner

Marco Simoncelli, Idola Enea Bastianini
Source: Youtube

Salah satu pembalap yang jadi jagoannya di dunia balap motor adalah bahan menurutnya salah satu momen paling dahsyat di balap motor eranya adalah pas Marco Simoncelli menang Kejuaraan Dunia 250cc.

Kerennya, sekarang dia punya manajer yang sama dengan mendiang Marco Simoncelli di masa lalu yaitu Carlo Pernat. Ini sih namanya rejeki ya ,Gengs, apakah kehebatannya juga sama kayak Marco Simoncelli, ini sih patut dilihat ntar ke depannya.

Tapi yang jelas, menilik performa dia di MotoGP 2022 baik di sesi kualifikasi maupun balap, kayaknya sih Bastianini ini punya potensi untuk sama seperti jagoannya dari sisi performa.

11. Enea Bastianini Pake Helm Bikinan Indonesia di MotoGP 2022

Helm KYT buatan Indonesia di pakai Enea

Di MotoGP 2022 ternyata Enea Bastianini menggunakan helm buatan Indonesia. Lo tahu apa yang dia pake? Dia pake helm KYT yang namanya mungkin udah gak asing lagi buat lo yang suka balap. KYT merupakan helm pengganti dari helm Bastianini sebelumnya yaitu Suomy.

Kerennya, ternyata Suomy dan KYT merupakan masih dalam satu manajemen atau naungan yang sama. Pasalnya, KYT merupakan perusahaan yang menyelamatkan Suomy kala mengalami kebangkrutan di Eropa. Lalu helm model KYT apa yang dipake Bastianini melaju ke aspal sirkuit?

Pembalap yang sedang naik daun tersebut ternyata pake KYT tipe SR-GP yang modelnya sama seperti Suomy SR-GP. Namun ternyata, model KYT ini gak dijual secara umum nih karena hanya tipe yang Suomy SR-GP saja yang dijual ke pasaran.

Buat yang penasaran berapa harga helmnya, diliat di situs jual beli online, Suomy SR-GP ini dibanderol dengan harga Rp8,5 juta hingga Rp 9 jutaan. KYT emang udah paten banget, Gengs, sebagai helm balapan. Karena kenyataannya, sebelum Bastianini, Andrea Dovizioso sebelumnya udah pake helm yang satu ini di MotoGP. Gokil gak tuh?

12. Prestasi Super Mentereng Enea di MotoGP 2022

Prestasi Gemilang Enea Bastianini

Lo tahu gak kenapa Enea Bastianini saat ini namanya banyak dibahas pecinta MotoGP? Hal ini karena prestasinya yang emang super dahsyat, Gengs. Bastianini di MotoGP 2022 emang mengalami kenaikan performa yang sangat mengesankan.

Di MotoGP 2021, Bastianini paling keren hanya bisa meraih posisi tiga klasemen yaitu di MotoGP Americas dan MotoGP San Marino. Sedangkan sisanya dia selalu berada di bawah urutan keenam. Tapi di MotoGP 2022 Bastianini tiba-tiba memiliki performa dahsyat.

Dia sukses meraih posisi pertama di seri pembuka yaitu MotoGP Qatar. Selain itu di MotoGP Americas dan MotoGP Prancis dia juga meraih posisi pertama. Itu tentu merupakan prestasi yang super dahsyat. Sekarang dia menghuni posisi ketiga klasemen sementara MotoGP 2022 dengan torehan 94 poin.

Ini tentunya merupakan sebuah prestasi gemilang buat Bastianini di MotoGP 2022 yang kemudian membuat namanya dipandang begitu luar biasa. Pasalnya Bastianini sendiri baru dua tahun bergabung di balapan MotoGP. Dia bergabung dengan kelas MotoGP di tahun 2021 setelah meraih prestasi mentereng di kelas Moto2 di tahun 2020.

Sepertinya itulah 12 fakta menarik dari Enea Bastianini, pembalap yang namanya emang lagi naik daun banget. Gak heran kalo kiprahnya menjadi salah satu yang paling dipantau di MotoGP 2022 karena dia udah nyabet tiga kemenangan sejauh ini. Gimana? Keren kan, Gengs?