Sebelum part itu rusak karena pemakaian, sebaiknya sih lo ganti duluan. Nggak banyak kok, cukup paling nggak 3 part yang lo ganti di awal pasti sudah terasa perbedaannya.banner-ads

Yang pertama adalah pedal. Biasanya, waktu beli sepeda pedal yang ada cuma berbahan plastik. Nggak lama, pedal pasti bakal cepat rusak.

Baca Juga: Ini Bro Sepeda Listrik Paling Hypebeast



Nggak harus yang mahal. Banyak kok pedal yang harganya cuma Rp 200 ribuan misalnya berbahan yang lebih kuat dari yang bawaan sepeda. Belum lagi, pedal di luaran biasanya ada pin kasar yang ngebantu sepatu nggak lari dari pedal.

Selanjutnya part yang sebaiknya lo ganti adalah handgrip, apalagi lo yang biasa riding nggak pakai sarung tangan. Cari handgrip yang paling nyaman di tangan lo biasa nggak cepet pegal dan sakit kalau bersepeda jauh.



Sedikit tips, pilih handgrip yang ujung luarnya berbahan karet. Ini adalah sebuah antisipasi kemungkinan terburuk stang kena badan lo saat terjatuh.

Ganti bottle cage yang lebih proper. Biasanya beberapa pabrikan sepeda memang nggak ngasih bottle cage bahkan.



Nah, kalau bisa ganti bottle cage yang berbahan alloy biar lebih steve. Kalau sudah begitu, botol minum nggak akan gampang terlepas di jalanan rusak.