Bursa transfer musim dingin yang terjadi setiap bulan Januari sering dimanfaatkan oleh klub Eropa untuk merekrut target yang gagal mereka pada bursa transfer musim panas di awal musim. Selain itu, biasanya transfer musim dingin dilakukan buat nambal posisi yang ditinggalkan oleh pemain yang juga pindah ke klub lain, maupun yang menderita cedera berat sebelum paruh musim pertama berakhir.

banner-ads

Ketika beberapa transfer berhasil membuat performa klub membaik, sebagian transfer besar yang dilakukan oleh klub-klub Premier League juga berbuah kegagalan. Bahkan berujung pada tim tersebut merugi.

Mana saja transfer musim dingin terburuk yang dilakukan oleh klub papan atas Premier League?

Liverpool - Andy Carroll

Datang bersama Suarez di tahun 2011 gak bikin Andy Carroll berhasil menunjukkan performa yang serupa. Dibeli seharga 35 juta pounds dari Newcastle, Andy Carroll cuma mampu bikin 11 gol dalam satu setengah musim keberadaannya di Anfield. Akhirnya, Andy Carroll pun pindah ke West Ham dan bermain di sana hingga 2019 sebelum akhirnya kembali ke Newcastle pada awal musim 2019/2020.

Manchester United - Alexis Sanchez

Ketika MU berhasil meyakinkan Arsenal untuk menukar Alexis Sanchez dengan Henrikh Mkhitaryan, kelihatannya transfer tersebut merupakan sebuah deal yang sangat menguntungkan untuk MU. Nyatanya, hal sebaliknya terjadi dengan Sanchez yang cuma mampu bikin beberapa gol bahkan dengan gajinya yang sangat tinggi. Kini, pemain Chile itu sedang menjalani masa pinjaman di Inter Milan, meski sebagian gajinya tetap masih ditanggung oleh MU.

Chelsea - Fernando Torres

Chelsea terlihat terlalu bernafsu ketika berani menggelontorkan dana sebesar 50 juta pounds untuk Fernando Torres pada 2011 lalu. Mungkin Chelsea memang juara Liga Champions dan Liga Europa semasa Torres berada di sana. Namun, statistik sang penyerang Spanyol benar-benar mengecewakan. Bahkan Torres dikenal sebagai pemain yang paling sering gagal mencetak gol meskipun gawang sudah terbuka lebar. Salah satu momen paling memalukan mungkin adalah ketika dirinya berhasil mengecoh David de Gea dalam posisi 1-on-1, namun Torres gagal memasukkan bola ke gawang yang udah terbuka lebar di depannya.

Chelsea - Juan Cuadrado

Pada tahun 2015, Chelsea kembali membuat transfer yang terburu-buru ketika melihat seorang pemain bersinar. Cuadrado emang menarik perhatian banyak klub setelah tampil lumayan mengesankan pada Piala Dunia 2014. Hingga akhir musim, Cuadrado cuma tampil 4 kali sebagai starter, lalu dipinjamkan ke Juventus selama dua musim selanjutnya. Kemudian Juventus pun membeli Cuadrado secara permanen di akhir masa peminjaman tersebut.

Mana nih Bro menurut lo transfer bulan Januari paling buruk di Premier League? Atau mungkin ada yang seharusnya gue masukin ke sini, Bro?