Demi mendapatkan pemain yang mumpuni, sebuah tim emang lazim membeli jasa para pemain dari tim lain. Biasanya pemain yang dibeli tersebut dianggap udah mumpuni dan dianggap bisa mengangkat performa mereka.

banner-ads

Tapi, gak jarang tim senior yang berkompetisi di kasta teratas liga masing-masing negara menggunakan jasa pemain lulusan akademi mereka. Para pemain muda keluaran akademi ini gak jarang juga mencuri perhatian banyak orang dan jadi bintang besar di lapangan beberapa waktu setelahnya.

Beberapa tim raksasa Eropa juga terkenal punya akademi yang cemerlang dan sukses mencetak banyak pemain bintang. Berikut ini beberapa di antaranya, Bro.

 

Sporting Lisbon

Pemain terbaik di dunia selain Messi saat ini, Cristiano Ronaldo merupakan produk dari akademi tim ini. Performanya saat itu benar-benar membuat talent scout dari Manchester United kagum melihatnya. Selain Ronaldo, masih banyak banget pemain kelas dunia yang lahir dari akademi ini, di antaranya adalah Luis Figo yang pernah membela dua tim rival abadi, Barcelona dan Real Madrid. Ada juga Joao Moutinho yang terus menerus mendulang pujian.

 

Bayern Munchen

Akademi Bayern adalah salah satu yang paling produktif di dunia, terutama di Eropa. Bayangin aja, dalam setahun mereka mempekerjakan 40 staff secara full-time dan sekitar 180 siswa akademi yang menimba ilmu pada waktu yang sama. Biaya penyelenggaraan akademi mereka berkisar di antara 2,5 juta poundsterling per tahun. Beberapa pemain kelas dunia yang dihasilkan akademi Bayern adalah Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, Toni Kroos, Mats Hummels, Thomas Muller dan David Alaba.

 

Ajax

Well, Ajax terkenal karena kualitas pemain mudanya yang luar biasa di kompetisi Eropa. Musim lalu, dengan salah satu rata-rata usia skuad termuda Ajax berhasil menembus semifinal Liga Champions setelah menghempaskan raksasa-raksasa lain. Sayangnya, mereka terhenti di semifinal oleh Tottenham. Patrick Kluivert, Clarence Seedorf, Marco van Basten, Dennis Bergkamp, Frank and Ronald de Boer, Frank Rijkaard, Edgar Davids, Edwin van der Sar dan Wesley Sneijder adalah contoh pemain legenda rilisan akademi klub ini. Sedangkan Justin Kluivert, Christian Eriksen, Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt adalah nama-nama talenta yang lulus dari akademi belum lama ini.

 

Manchester United

Belum lama ini MU mencatatkan rekor dengan mengikutsertakan setidaknya satu pemain lulusan akademinya dalam pertandingan ke-4000 secara beruntun. Salah satu generasi tersukses dan paling tenar dari akademi Manchester United adalah Class Of 92. Jesse Lingard, Marcus Rashford, Scott McTominay, Mason Greenwood dan Angel Gomes adalah beberapa nama yang menghiasi skuad saat ini.

 

Barcelona

Akademi La Masia yang merupakan pemupuk bibit bakat Barcelona bisa dibilang adalah akademi terbaik di dunia. Messi juga bisa dibilang adalah nama paling besar yang dihasilkan dari akademi ini. Sebelum dijual dan jadi aset klub lain, biasanya lulusan La Masia ikut menjadi jangkar penting dalam kesuksesan klub mereka terlebih dahulu. Bahkan, La Masia dikenal dengan para pemain akademinya yang lebih memilih untuk membela Barcelona dalam waktu yang lama. 

Kira-kira, siapa ya pemain lulusan akademi klub-klub tersebut yang bakal bersinar musim ini?