Enea Bastianini dan Luca Marini dikonfirmasi akan melangkah ke MotoGP tahun depan bersama skuad satelit Ducati. Berita tersebut menegaskan bahwa Tito Rabat tidak akan berada di grid MotoGP 2021, mengakhiri karier lima tahun di kelas utama.banner-ads

Marini akan melanjutkan karier di bawah SKY Racing Team VR46, setelah sponsor Italia itu menandatangani perjanjian dengan Esponsorama Racing. Artinya Marini dan Bastianini akan memiliki skema warna yang berbeda di tahun 2021, meski rekan setim di Esponsorama Racing.

Rider berusia 23 tahun itu menjadi pembalap VR46 Academy ketiga yang bergabung dengan kelas utama. Kini Marini juga tengah berjuang buat jadi juara Moto2 setelah mengamankan lima podium, termasuk tiga kemenangan musim ini.

"Ini mimpi yang jadi kenyataan," kata Marini.



"Bersaing di MotoGP adalah impian setiap pembalap. Memiliki kesempatan besar ini dan dapat berbagi dengan Sky Racing Team VR46, Esponsorama Racing, dan Ducati bahkan lebih baik. Tahun-tahun ini dengan tim, saya mendapatkan pengalaman, saya tumbuh dan mencapai hasil penting pertama. Kami berada dalam fase krusial musim ini, kami akan terus bekerja keras untuk mencapai tujuan maksimal sebelum membuat langkah besar ini bersama-sama," lanjut Marini.

Sementara Enea Bastianini mendapat penghargaan atas tahun breakoutnya di Moto2. Ia saat ini duduk di posisi kedua klasemen setelah tujuh podium, termasuk tiga kemenangannya, di musim keduanya yang sensasional.

"Saya sangat senang naik ke MotoGP bersama Ducati dan Esponsorama Racing. Sekarang saya harus berkonsentrasi untuk menyelesaikan musim karena saya ingin menjadi juara dunia, meskipun saya tahu ini tidak akan mudah. Musim depan beberapa pembalap akan melompat ke MotoGP, kami akan memulai petualangan baru bersama dengan pembalap tercepat di dunia, di mana saya pikir bersama dengan tim saya akan dapat mencapai hasil yang baik," tutur Enea Bastianini.

Pengumuman tersebut mengkonfirmasi line-up pembalap Ducati pada 2021 dengan tiga rookie. Jack Miller dan Francesco Bagania akan berada di tim pabrikan. Sementara Johann Zarco pindah dari skuad Esponsorama Racing ke Pramac Racing bersama Jorge Martin.

"Kami sangat senang telah mencapai kesepakatan ini berkat dua talenta muda Italia yang dapat melakukan debut mereka di MotoGP tahun depan dengan motor Desmosedici yang dipercayakan kepada tim Esponsorama Racing. Tahun ini tim Raul Romero telah menunjukkan bahwa mereka telah mencapai tingkat profesionalisme yang sangat baik. Berkat dukungan teknis yang diperbarui yang akan kami berikan kepada tim Andorra pada 2021, kami yakin akan mendukung Enea dan Luca dengan cara terbaik di musim rookie pertama mereka," kata General Manager Ducati Corse Luigi Dall'Igna.