Siapa coba gengs yang nggak penasaran sama Sirkuit MotoGP Mandalika? Sirkuit baru yang jadi kebanggan warga Indonesia. Setelah selesai dibangun pada tahun 2021 lalu dan menggelar ajang balap World Superbike, sirkuit ini jadi mendapat banyak sorotan di mata internasional. Sirkuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini juga dibangun dengan teknologi aspal terbaru, yaitu Stone Mastic Asphalt yang bikin sirkuit ini disebut-sebut lebih canggih dari Sirkuit Sepang Malaysia gengs. Selain itu, dia juga punya kapasitas 138,000 penonton dengan panjang 4,3 kilometer yang dilengkapi 17 tikungan, juga diisi dengan berbagai fasilitas yang lengkap.

Tapi apa sih yang bikin Sirkuit Mandalika beda dengan sirkuit kelas dunia lainnya? Simak deh di sini! 
 



TT Circuit Assen

Baca Juga: Progres Pembenahan Sirkuit Mandalika Demi MotoGP



Berlokasi di Assen, Belanda, sirkuit yang dibangun pada tahun 1949 ini disebut-sebut sebagai sirkuit terbaik di dunia karena konstruksinya yang detail sehingga punya tingkat kecelakaan yang minim. Sirkuit ini punya panjang 4,54 kilometer dengan kapasitas 110,000 orang dengan 60,000 orang di antaranya bisa dapat tempat duduk. 
 



Mugello Circuit

Penggemar MotoGP pasti nggak asing nih sama sirkuit terbaik punya Italia yang terletak di Tuscani. Dibangun pada tahun 1973, sirkuit ini dirancang dengan panjang 5,2 kilometer. Mugello juga dapat menampung 50,000 penonton dengan menawarkan pemandangan yang ciamik.
 



Losail International Circuit

Lo tau gak gengs, Sirkuit yang berlokasi di Qatar ini jadi salah satu arena yang masuk ke dalam jajaran kelas dunia. Selain pembangunannya yang cuma memakan waktu satu tahun, sirkuit ini dilengkapi dengan 16 lintasan balap dengan panjang 5,4 kilometer dan berkapasitas untuk 8,000 penonton. 
 



Masaryk Circuit/Automotodrom Brno/Brno Circuit

Dibangun pada tahun 1987, sirkuit yang berlokasi di Ceko ini memiliki panjang lintasan sekitar 5,4 kilometer dan tikungan yang bertipe tajam. Sirkuit yang dikelilingi perbukitan dan hutan yang asri ini punya kapasitas sekitar 110,000 penonton. 
 



Philip Island Grand Prix Circuit

Nah, ini dia nih sirkuit yang menempati peringkat kelima di arena balap terbaik di dunia dengan panjang lintasa 4,45 kilometer. Nggak jauh dengan Sirkuit Mugello gengs, sirkuit ini punya kapasitas penonton sebesar 53,100 penonton. Beda jauh lah pokoknya sama kapasitas Sirkuit Mandalika.