Stefan Bradl mewakili Honda pada MotoGP 2020. Ia juga disiapkan untuk berada di fase pertama MotoGP 2021.banner-ads

Pembalap Jerman itu telah ditunjuk sebagai penguji resmi oleh Repsol Honda. Tetapi perkembangan cedera Marc Marquez juga membuka pintu baginya untuk satu musim sebagai pembalap resmi Honda.

Situasi ini jelas tidak dapat diramalkan di awal musim. Tetapi menciptakan keuntungan bagi Honda dan bagi pembalap penguji karena bisa membalap sepanjang musim membantu HRC mengembangkan RCV213.

Bradl dapat mengambil bagian dalam tes di Portimao yang diperuntukkan bagi pembalap tes. Ia bakal bergabung dengan Pirro untuk Ducati, Pedrosa untuk KTM, Guintoli untuk Suzuki, Lorenzo untuk Yamaha dan Savadori untuk Aprilia. Tak cuma itu, Aleix Espargaro dan Bradley Smith juga bisa berada di sana karena dapat menikmati konsesi.

Stefan Bradl di Portugal sangat tajam pada MotoGP 2020. Ia finis di posisi ketujuh.



Situasi musim ini sebenarnya tidak banyak berubah. Marquez tidak tahu kapan akan kembali.

Asosiasi Produsen Olahraga Sepeda Motor (MSMA) sedang mengevaluasi apakah mungkin perlu untuk melakukan intervensi, soal pembalap tes dapat bersaing menggantikan pembalap resmi selama musim hingga maksimum tiga atau empat balapan.

"Honda tentunya memiliki keuntungan tahun lalu melalui test driver Stefan Bradl. HRC, sebagai tim juara dunia, memiliki kesempatan untuk menguji. Ini tidak adil bagi pabrikan lain. Makanya kita akan bahas apakah ke depan test driver harus diperbolehkan bertindak sebagai pengganti maksimal tiga atau empat kali setahun. Tekanan kita bukan terhadap Stefan, itu adalah tentang kesempatan yang sama," kata kepala KTM Motorsport, Pit Beirer.

image source:
MotoGP