Biasanya dalam sebuah pertandingan, fokus penonton tertuju ke lini depan yang saling berbalas serangan. Selain itu, mungkin bakal banyak fokus tertuju pada bagaimana lini tengah menyalurkan bola ke depan dengan operan kunci, crossing, dan assist ciamik buat para penyerang.

banner-ads

Tapi lini bertahan? Gak banyak yang melirik bagian tersebut. Fokus penonton banyak tertuju ke lini pertahanan ketika tim yang mereka dukung kalah. Mungkin ada beberapa bek seperti Virgil Van Dijk yang mencuri perhatian belakangan ini karena ketangguhannya jadi benteng di depan Alisson Becker dan Adrian. Bahkan dirinya hampir meraih Ballon d’Or kalau gak kalah dari Messi.

Digadang-gadang jadi yang terbaik di dunia, ternyata dalam hal statistik Van DIjk bukanlah paling atas. Nih Bro beberapa pemain belakang dengan rasio kemenangan duel tertinggi.

James Tarkowski (Burnley)

Mungkin Burnley emang keteteran di posisi 10 Liga Inggris saat musim berhenti di pekan ke-29. Namun bek mereka jadi salah satu yang punya rasio kemenangan duel tertinggi musim ini, Bro. Tarkowski berhasil memenangkan 69,6% duel yang dilakukannya ketika menghadang pemain lawan.

Francesco Acerbi (Lazio)

Lazio secara mengejutkan jadi penantang juara Serie-A musim ini dengan catatan yang sangat impresif. Selain serangan yang gak kenal ampun, pertahanan mereka juga salah satu yang terbaik di Italia. Dengan 70,1% kemenangan duel, Acerbi jadi salah satu pilar yang kokoh di lini belakang Lazio.

Grant Hanley (Norwich City)

Secara tim, Norwich musim ini emang sangat mengecewakan. Mereka berada di dasar klasemen dengan kebobolan 52 gol dari 29 pertandingan. Tapi, bukan berarti catatan individu semua pemain mereka ikut memburuk. Grant Hanley contohnya, dirinya mencatatkan 70,1% kemenangan duel dari 18 pertandingan yang udah dijalaninya di liga musim ini. Rasio ini bahkan lebih besar dari beberapa bek top di Premier League.

Virgil Van Dijk (Liverpool)

Ketika gue bilang Van Dijk bukan yang teratas bukan berarti dirinya otomatis terlempar dari 5 besar. Bahkan pemain Belanda ini berhasil jadi pemain dengan rasio kemenangan duel terbesar kedua musim ini. Dengan rasio 74,9% Van Dijk berhasil ikut menjaga Liverpool untuk tetap berada di puncak klasemen hingga akhirnya berjarak 25 poin dengan Manchester City.

Bruno Alves (Parma)

Siapa yang menyangka bahwa bek paling tangguh musim ini adalah seorang pemain Portugal yang udah berusia 38 tahun? Yap Bruni Alves memuncaki daftar ini dengan rasio kemenangan duel sebesar 78,4%. Meskipun udah memasuki usia-usia pensiun sebagai pemain, nampaknya Bruno Alves masih punya kualitas mumpuni di atas lapangan dengan statistik seperti itu.

Siapa nih Bro bek tangguh yang jadi favorit lo?