Membandingkan dua pemain hebat, semua penggemar sepak bola pasti senang melakukan ini.

Kalau terlintas kalimat “bek tangguh Premier League”, nama Virgil Van Dijk dan Nemanja Vidic pasti melintas di bayangan sebagian besar orang. Virgil van Dijk memimpin era baru Liverpool yang menguasai Eropa dan sepak bola Inggris dalam dua musim terakhir. Sedangkan Nemanja Vidic adalah bagian dari pertahanan tim Manchester United yang ditakuti pada era Sir Alex Ferguson.

Kalau mau membahas bek mana yang lebih unggul di antara keduanya, hal pasti bakal menimbulkan perdebatan karena kedua defender ini emang sama-sama kuat.banner-ads



Di sini media GiveMeSport berusaha mewadahi para penggemar Premier League untuk memutuskan siapa yang unggul di antara keduanya. Mereka melakukan voting selama 24 jam dan membagikan hasilnya di media sosial mereka.

Dalam 24 jam, ada sekitar 131.000 orang yang ikut dalam voting tersebut. Hasil yang keluar menunjukkan selisih yang sangat tipis dalam perolehan suara. Dengan 52% suara, Nemanja Vidic unggul dibandingkan dengan Virgil Van Dijk. Artinya ada 52% dari sekitar 131.000 orang lebih memilih Vidic untuk membela tim mereka daripada Van Dijk.



Tapi bagaimana perbandingan keduanya secara statistik?



Ternyata perbandingan statistik di antara keduanya menunjukkan hasil yang serupa Bro! Statistik tersebut diambil dari data permainan di musim terbaik masing-masing pemain bersama klub yang mereka bela. 

Dari gambar di atas, lo bisa melihat catatan keduanya terpaut tipis dalam beberapa hal. Dalam hal kebobolan, Vidic unggul dengan hanya kebobolan 16 gol ketika bermain untuk Manchester United, unggul 4 angka dari Van Dijk yang kebobolan 20 kali dalam satu musim. Jarak angka yang lumayan jauh bisa lo lihat dalam hal melakukan clearance. Vidic unggul hampir dua kali lipat dengan 360 kali mengamankan bola dibandingkan Van Dijk yang melakukannya sebanyak 183 kali.

Berdasarkan dua data di atas, bisa disimpulkan Vidic lebih baik daripada Van Dijk. Keduanya pernah mengantar tim masing-masing juara Liga Champions dan juga mencapai final namun kalah dalam kesempatan yang berbeda. Bedanya, Van Dijk belum berhasil mengantarkan Liverpool juara Premier League. Seharusnya musim ini jadi musim indah bagi bek tangguh asal Belanda ini. Soalnya Liverpool memimpin 25 poin dari Manchester City dan nyaris juara sebelum kompetisi dihentikan sementara karena corona.

Sekarang gue mau minat pendapat pribadi lo Bro, mana nih yang lebih baik di antara Vidic dan Van Dijk?