Pada tahun 2003 lalu, Manchester United mengubah arah sejarah sepak bola modern dengan merekrut winger bertalenta dari Sporting Lisbon, Cristiano Ronaldo. Lo yang fans MU pasti tau cerita bahwa Sir Alex Ferguson bahkan menolak untuk meninggalkan kota Lisbon sampai MU berhasil mendapatkannya, saking kepincutnya MU dengan talenta sang legenda.

banner-ads

Pada saat pertama datang ke MU, banyak media yang bahkan harus bikin klarifikasi di judul atau isi berita mereka bahwa yang MU rekrut bukanlah Ronaldo Brazil.

Sekarang 17 tahun kemudian, lo tau sendiri bahwa Cristiano Ronaldo bersama sang rival Lionel Messi jadi legenda sepak bola modern dan benar-benar mendominasi dalam hal pencapaian individu.

Tapi, sejarah mungkin akan berubah total kalau dulu Liverpool jadi merekrut Cristiano lebih dulu dari Lisbon.

Ya Bro, Liverpool dulu hampir merekrut Ronaldo, cuman gak jadi karena beberapa alasan internal. Bahkan masalah tersebut berangkat dari ketakutan pribadi Gerard Houllier yang saat itu masih menangani The Reds.

Houllier emang berminat untuk merekrut Ronaldo, sayangnya dirinya berpikir bahwa Cristiano Ronaldo punya potensi untuk bikin gaduh ruang ganti pemain. Ketakutan tersebut berangkat dari Houllier yang kuatir Ronaldo bakal minta gaji besar yang bikin keuangan Liverpool saat itu jadi goyah. Selain itu, kalau hal tersebut terjadi Houllier takut pemain lain cemburu dengan gaji yang didapatkannya.

Alasan lainnya adalah Liverpool merasa punya talenta muda milik mereka sendiri, yaitu Florent Sinama Pongolle dan Anthony Le Tallec. Siapa yang mendengar kedua nama itu sekarang? Sedangkan, sang rival, Manchester United mendapatkan salah satu talenta muda terbaik yang bisa didapatkan pada saat itu.

Padahal, menurut wawancaranya dengan media lokal saat itu, Ronaldo juga punya ketertarikan untuk gabung dengan Liverpool kalau mereka memberikan tawaran yang “cukup baik” untuk dirinya dan Lisbon. Mungkin pernyataannya ini lah yang bikin Houllier kuatir saat itu.

Tapi, akhirnya MU lah yang mengeluarkan budget 12,25 juta pounds terbaik yang bisa dikeluarkan oleh sebuah klub sepak bola demi seorang pemain muda.

Bayangin Bro, gimana jadinya kalau Ronaldo dulu jadi gabung Liverpool?