Cal Crutchlow melakukan debut MotoGP bersama Yamaha pada 2011 bersama skuad Tech3. Dari sana, ia mencetak enam podium sepanjang musim 2012 dan 2013 bersama M1 sebelum pindah ke Ducati untuk musim 2014.banner-ads

Di awal tahun diumumkan, bahwa ia akan kehilangan tempatnya di LCR setelah digeser Alex Marquez, yang dipindahkan dari skuad pabrikan Honda untuk memberi jalan bagi Pol Espargaro.

Menjelang Grand Prix Valencia, Crutchlow mengungkapkan hampir mencapai kesepakatan dengan Yamaha untuk menjadi pembalap uji coba. Produsen Jepang juga telah mengkonfirmasi hal ini, dan membuka pintu untuk peran wildcard jika masuk akal untuk melakukannya.

“Saya sangat senang bisa kembali ke pabrikan tempat saya memenangkan gelar juara dunia, saya mengendarai World Supersport, di World Superbike dan mereka membawa saya ke MotoGP bersama Yamaha, Lin Jarvis dan Herve Poncharal jelas,” kata Crutchlow.

“Jelas tahun pertama saya sangat sulit, tapi saya memiliki dua tahun yang hebat setelah itu dan pengalaman hebat dengan pabrik itu. Itu adalah sesuatu yang sangat menarik untuk saya lakukan, sebuah proyek yang saya yakini bekerja sangat baik bagi saya sehingga pada akhirnya saya harus mengubah diri saya dari pembalap menjadi pembalap penguji."



Crutchlow mengaku tak perlu melambat dengan peran barunya itu. Ia juga mengaku bakal terus memacu motornya karena itu yang dibutuhkan Yamaha saat ini.

"Mereka membutuhkan test rider yang cepat, yang mau menjadi test rider, antara lain, menjadi test rider dan senang menjadi test rider dan tidak memiliki test rider yang ingin berkomitmen selama setahun dan kemudian ingin balapan. Itu saya setujui sepenuhnya dan pahami sepenuhnya," jelas rider Inggris itu.

Crutchlow telah dikaitkan dengan Aprilia dan mengakui dia telah mengadakan diskusi sejak Maret dengan pabrikan Italia itu. Tetapi ia tidak mau menunggu keputusan banding Andrea Iannone terkait larangan doping.

"Mereka ingin saya pergi ke sana, saya berbicara dengan mereka sejak Maret dan mereka harus menandatangani perjanjian sejak Maret, tetapi mereka ingin menunggu Andrea," katanya.

“Dan saya tidak menunggu Andrea. Jadi, saya memberi tahu mereka sebelum pengumuman bahwa Andrea telah dilarang dan saya tidak ingin melakukannya.”

Crutchlow akan menggantikan Jorge Lorenzo, yang mengaku baru-baru ini mengadakan diskusi dengan Aprilia mengenai peran pembalap tes.