Manchester United di era Sir Alex Ferguson terkenal sering kali menerbitkan bakat-bakat terpendam dari akademi mereka. Contoh besarnya adalah Class Of ‘92 yang melahirkan pemain pemain legendaris seperti David Beckham, Ryan Giggs, dan Paul Scholes.

banner-ads

Sayangnya Bro, sejak pensiun di tahun 2013, citra MU sebagai pencetak bakat akademi mulai bergeser jadi tim yang senang menghamburkan uang untuk pemain bintang. Terbukti dengan bagaimana mereka sempat membuat Paul Pogba menjadi pemain termahal di dunia dan menjadikan Harry Maguire bek termahal di dunia.

Meskipun begitu, belakangan ini ada satu nama yang mencuat dari akademi Manchester United, dia adalah Scott McTominay.

Membela Manchester United sejak 2002.

Scott McTominay ternyata udah membela Manchester United sejak di tim junior. Bahkan Bro, dirinya udah berkontribusi buat tim akademi MU sejak tahun 2002. Baru pada tahun 2017, dirinya mulai diterbitkan oleh Jose Mourinho ke tim utama. Sejak saat itu dirinya berkembang jadi seorang gelandang bertahan yang tangguh ikut membantu pertahanan tim dan ikut mengatur ritme permainan tim.

 

Pemain favorit Jose Mourinho.

Dari sekian pemain bintang yang dilatih oleh Mourinho, Scott McTominay dianggap sebagai pemain kesayangannya. Menurut pengakuan pelatih berjuluk “The Special One” itu, Scott McTominay adalah tipe pemain yang bakal nurut mengikuti semua instruksi yang diberikan pelatih. McTominay emang mampu menjawab kepercayaan yang diberikan oleh Mourinho dengan tampil konsisten di atas lapangan.

 

Bagian dari sejarah Manchester United.

Meskipun tim mereka lagi kelabakan di papan tengah klasemen Liga Inggris, Manchester United mencetak sejarah ketika menang dengan skor 1-3 melawan Norwich City yang ada di jurang degradasi. Dengan kemenangan tersebut, MU menjadi tim pertama dalam sejarah Premier League yang bisa mencetak 2000 gol secara keseluruhan. Pemain yang mencetak gol ke-2000 MU tersebut adalah Scott McTominay. Gol tersebut terjadi ketika umpan dari sisi kanan MU yang berhasil dihalau pemain Norwich City menggelinding bebas, McTominay yang ada di kotak penalti mengejarnya lalu menendang bola tersebut tanpa mengontrolnya terlebih dahulu.

 

Scott McTominay ini seakan jadi harapan buat para fans MU bahwa MU masih punya akademi mereka yang dulu terkenal sering menghasilkan pemain berkualitas.

Buat lo pendukung MU, apa harapan lo buat Scott McTominay ke depannya?