Di dunia MMA, gak ada orang yang gak kenal dengan nama Khabib Nurmagomedov. Petarung asal Rusia ini terkenal punya gaya submission yang khas dalam mencengkram lawannya hingga menyerah dalam pertarungan.

Sayangnya, setelah kematian sang ayah dirinya memutuskan untuk pensiun tahun 2020 lalu. Meski sudah memutuskan untuk pensiun, Khabib tetap mendapatkan banyak tawaran untuk bertarung, termasuk dari Floyd Mayweather Jr. Dirinya ditawari dana segar 100 juta dolar jika ingin kembali ke atas ring.

Nah Bro, ada beberapa fakta dari Khabib Nurmagomedov yang harus lo tahu berikut ini.

Ternyata, pernah ngefans Conor McGregor


Pertarungan di antara keduanya tahun 2018 lalu dalam UFC 229 adalah salah satu pertarungan ikonik yang layak untuk dikenang oleh para pecinta tarung campuran. McGregor yang percaya diri akan menang justru kalah setelah mendapat submission di akhir pertarungan.

Meski belakangan ini berita keduanya selalu berbau keributan, nyatanya Khabib pernah ngefans terhadap McGregor. Tepatnya tahun 2014 lalu, saat nama McGregor sedang di puncak, Khabib yang mulai naik daun gak sungkan buat menyatakan dirinya adalah seorang penggemar. Bahkan keduanya berfoto bersama.

Sempat hampir jadi tukang pukul di klub malam


Tahun 2014 lalu, dirinya mengalami cedera robek ligamen. Ini membuat Khabib hampir menyerah dari dunia tarung campuran dan memutuskan untuk jadi tukang pukul di sebuah klub malam yang ada di Rusia. Untunglah motivasi dari sang ayah membuatnya tak menyerah, sembuh dari cederanya, dan melanjutkan karir di dunia MMA hingga tahun 2020 lalu.

Punya manajer kontroversial


Namanya adalah Ali Abdelaziz, dan kalau bisa dibilang dirinya adalah salah satu orang yang berperan besar dalam meroketnya popularitas Khabib di UFC. Tahun 2014 lalu Ali bahkan sampai mengatur jadwal pemulihan cedera yang dialami Khabib supaya dirinya bisa kembali bertarung di atas ring octagon. Ali Abdelaziz adalah manajer paling kontroversial dalam sejarah UFC karena sering tersandung kasus hukum di Amerika Serikat.

Bermimpi untuk jadi pesepak bola

 

Sebelum jadi petarung UFC, dirinya pernah bermimpi jadi pesepak bola. Namun ada beberapa hal yang membuatnya gak bisa menggapai mimpi itu dan banting stir untuk fokus ke dunia beladiri. Khabib lahir di Dagestan dengan lingkungan yang keras.

 

Well, hasilnya bisa dibilang sangat memuaskan karena Khabib jadi juara dunia di bidang ini. Dirinya bahkan bercanda bahwa “Siapa tahu jika Ronaldo lahir di Dagestan, dia juga bisa jadi juara UFC”.

Berlatih bersama beruang


Terdengar seperti fiksi tapi begitulah kenyataannya. Faktanya, di kampung halamannya Khabib berlatih dengan Beruang untuk mengasah skill kuncian yang biasa ia terapkan pada lawannya di atas ring Octagon. Tenaga beruang yang lebih besar bikin Khabib bisa melatih fisiknya untuk melampaui batas yang ada.

Selain itu, Beruang yang bergerak berdasarkan insting menurut Khabib dapat melatih kepekaan strategi dalam bertarung dengan situasi yang random.

Khabib Nurmagomedov sepertinya tegas dengan keputusannya untuk pensiun dari dunia tarung bebas. Tapi, tawaran untuk kembali ke atas ring terus berdatangan termasuk dari Dana White, pemilik UFC itu sendiri yang masih melihat peluang untuk terjadinya pertarungan jilid dua antara dirinya dengan Conor McGregor.