Marc Marquez ngasih tanda-tanda kalau dia bakal pergi dari Honda. Begitu juga sebaliknya, Honda kayak ngasih jalan buat ridernya itu pergi.

banner-ads

Marc Marquez menjadi juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya pada musim 2013. Di tahun itu adalah musim debutnya di kelas utama, dan dia memecahkan rekor sebagai pembalap termuda yang memenangkan gelar juara dunia MotoGP, dengan usia 20 tahun dan 266 hari.

Sejak menjejakkan kakinya di MotoGP, Marc Marquez telah menjadi juara dunia sebanyak tujuh kali.

Baca Juga: Peluang Marc Marquez ke Ducati Makin Dekat?

Marc Marquez mengalami cedera serius pada lengan kanannya saat balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Juli 2020. Cedera ini memaksa Marquez absen dari sebagian besar musim MotoGP 2020 dan mengikuti operasi yang panjang untuk pemulihannya.

Marquez yang mendapat julukan Baby Alien, memang seperti kesulitan berkembang belakangan ini. Di beberapa balapan terakhir, dia malah gagal finish.

Terakhir Marquez meneruskan rekor buruk karena gak bisa finish di Sirkuit Assen, Belanda. Ini benar-benar bikin gerah Honda.

Makanya Honda ngasih jalan buat Marquez pergi. Mereka nggak mau memaksakan The Baby Alien kalau memang nggak bahagia.

Baca Juga: Menanti Aksi Alex Marquez di Kandang Rossi

“Namun, saya harus mengatakan setiap orang berhak melakukan apapun yang ia inginkan di kehidupannya. Honda bukanlah perusahaan yang membiarkan ada orang yang tidak bahagia di Honda,” kata Alberto Puig, Manajer Tim Repsol Honda.

“Jadi tentu saja, kami memiliki kontrak dengannya. Tetapi Honda juga sangat menghormati Marc dan saya ingin berpikir ya (Marquez akan menjadi pembalap Honda pada 2024), berdasarkan kontrak, tetapi saya tidak memiliki bola ajaib (yang dapat meramal),” lanjut Puig.

Banyak yang bilang ini karma buat Marquez. Tahun 2021, dia menyindir Valentino Rossi dan menyarankan rivalnya itu buat pensiun saja karena nggak kompetitif lagi.

“Ketika generasi baru tiba. Saya masih merasa kompetitif, tetapi akan ada hari dan waktu untuk menerima generasi baru telah tiba, lebih baik dari Anda,” tutur Marc Marquez dikutip via The Race media pada April 2021.

“Ketika saya tak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” sambung Marc Marquez.

Untuk informasi update seputar MotoGP dan dunia permotoran follow akun sosial media Bold Riders!