Marc Marquez akan absen setidaknya dua bulan lagi setelah lengan kanannya patah dalam kecelakaan selama Grand Prix Spanyol. Sejauh ini, sudah ada tiga pemenang baru di MotoGP, yaitu Fabio Quartararo, Brad Binder dan Oliveira dan Andrea Dovizioso.banner-ads

Selain itu, rider seperti Franco Morbidelli, Joan Mir, Alex Rins, Pol Espargaro dan Jack Miller semuanya berada di tempat teratas untuk jadi penantang juara dalam lima putaran pembukaan.

MotoGP 2020 tidak dapat diprediksi sejauh ini. Pemenang GP Styria Oliveira, merasa peluang besar musim ini karena absennya Marquez.

"Saya pikir, dan itu hanya pendapat saya, saya pikir begitu Marquez absen, semua orang tiba-tiba merasa mereka bisa memenangkan balapan dan kejuaraan," kata Oliveira.



Inilah sebabnya mengapa tidak ada favorit yang jelas untuk pertarungan kejuaraan. Tapi ia juga pikir masih terlalu dini untuk menjelaskannya.

"Mudah-mudahan dalam beberapa balapan berikutnya kami melihat siapa yang lebih konsisten naik podium dan membuat lebih banyak poin, karena pada akhirnya ini akan membuat perbedaan," tuturnya.

Sejauh ini, hanya KTM yang berhasil memenangkan balapan dengan dua pembalap berbeda, dengan semua pabrikan kecuali Honda dan Aprilia belum berdiri di podium.

Ini adalah pertama kalinya sejak Honda kembali ke kelas premier pada tahun 1982, mereka gagal mencatatkan satu pun podium dalam lima balapan pembuka.

Pembalap teratas Honda justru merupakan rider satelit LCR, Takaaki Nakagami. Pembalap Jepang itu terpaut 24 poin di posisi keenam.