Johann Zarco langsung mencuri perhatian di musim awalnya di MotoGP. Juara dunia Moto2 tersebut sejauh ini ia merebut tiga podium di kelas premier.

Zarco pun menyandang predikat rookie of the year dan menjadi pembalap terbaik tim satelit. Teknisi Yamaha Tech 3, Nicolas Goyon membeberkan rahasia kesuksesan Zarco.

Goyon mengaku tak terkejut melihat pencapaian Zarco. Kepala kru Jonas Folger itu sudah memprediksi Zarco bakal menyulitkan para pembalap top karena memiliki kemiripan dengan Jorge Lorenzo.

Rahasia besarnya adalah Zarco sudah mengetahui seluk beluk Yamaha YZR M1. Meski baru musim ini mengendarai motor itu, Zarco langsung bisa nyetel.

Ini Rahasia Sukses Zarco Menjadi Rookie of The Year

"Untuk menaklukkan motor Yamaha, seorang pembalap membutuhkan gaya berkendara khusus yang sangat spesifik. Pembalap mesti menggeber YZR-M1 secara lembut, mulai mengerem, berakselerasi, hingga menyetel motor. Gaya membalap yang lembut itu telah terbukti membuat Lorenzo menjadi pembalap spesial di Yamaha," katanya.

"Johann Zarco mengetahui gaya balap yang lembut ala Lorenzo bisa membuat seorang pembalap tampil cepat di atas motor Yamaha. Karena itu, dia langsung memakai gaya tersebut sejak pertama kali menggeber YZR-M1".

Berkat penampilan bagusnya, Zarco pun menjadi salah satu kandidat untuk menggantikan Valentino Rossi usai pensiun. KTM juga terang-terangan menyebut Zarco sebagai bidikan utama mereka.

banner-ads