banner-ads

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir meraih medali emas pertama buat Indonesia dalam ajang Olimpiade Rio 2016. Tradisi emas olimpiade itu pun masih berlanjut.

Pada pertandingan final melawan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, keduanya menang mudah dengan poin 21-14 dan 21-12. Dukungan dari publik Indonesia yang datang ke Centro Rio-Pavilion, Brasil itu pun seperti menambah semangat keduanya untuk berjuang.

Selama 45 menit final itu berlangsung. Tak terlihat sama sekali rasa tegang dari mereka, sang juara.

Hanya di London pada 2012 saja Indonesia absen meraih emas sejak keikutsertaannya di Olimpiade. Sejak bulutangkis menjadi olahraga yang diperlombakan di Olimpiade Barcelona 1992, Indonesia terus mengukit sukses.

Ketika itu Alan Budikusuma dan Susi Susanti langsung membawa pulang keping emas dari negeri Catalan. Rexy Mainaky dan Ricky Subagja juga tampil luar biasa pada Olimpiade Atlanta 1996.

Setelah itu, Taufik Hidayat yang membawa lagu Indonesia Raya berkumandang di Athena pada 2004. Disusul oleh Tony Gunawan dan Candra Wijayadi Sydney 2000. Sementara, Markis Kido dan Hendra Setiawan juga meraihnya di Beijing 2008.