Banyak pemain hebat gak kehabisan karir sepak bola mereka ketika pensiun. Sebagian ada yang jadi staff manajerial atau petinggi tim, ada juga yang langsung jadi seorang pelatih di lapangan.

banner-ads

Sayangnya, gak semua pemain hebat dijamin jadi pelatih hebat ketika mereka memimpin sebuah tim. Tapi pernah bayangin gak Bro, gimana kalau para mantan pemain hebat yang sekarang jadi pelatih disatukan dalam sebuah tim?

Dengan formasi 3-4-1-2, berikut ini gue udah masukin 11 nama ke dalam “Manager XI” yang kalau disatukan, bakal jadi tim yang tangguh.

 

Kiper - Julen Lopetegui (Sevilla)

Pasti banyak dari lo yang tau Julen Lopetegui karena sempet bikin sensasi tahun lalu. Lopetegui dipecat dari tim nasional Spanyol karena menerima tawaran jadi pelatih Real Madrid sebelum Piala Dunia 2018 dimulai. Sekarang dirinya melatih Sevilla. Tapi Bro, pasti banyak yang gak tau bahwa dirinya dulu adalah seorang kiper yang membela Barcelona.

 

Bek - Vincent Kompany (Anderlecht), Sol Campbell (Southend United), Jonathan Woodgate (Middlesbrough)

Vincent Kompany jadi salah satu bagian dari kesuksesan Manchester City sejak kemunduran performa Manchester United di Premier League. Sol Campbell sendiri adalah pemain legendaris Arsenal dengan total 600 pertandingan sepanjang karirnya. Jonathan Woodgate juga merupakan bek yang tangguh, sayangnya selama karir, dirinya sering banget cedera.

 

Gelandang - Frank Lampard (Chelsea), Steven Gerrard (Glasgow Rangers), Ryan Giggs (Tim nasional Wales), Patrick Vieira (Nice)

Bayangkan perpaduan Gerrard dan Lampard masa prima mereka dalam satu tim. Lini tengah tim tersebut bakal punya pondasi dan otak serangan yang sangat kuat. Ditambah ketangguhan Patrick Vieira di atas lapangan dan kemampuan Ryan Giggs mengacak-acak pertahanan lawan. Lini tengah tim ini bakal sangat menakutkan buat lawan.

 

Playmaker - Zinedine Zidane (Real Madrid)

Zidane yang pensiun pasca Piala Dunia 2006 diakui sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Skillnya mengolah bola, visi bermain, dan tendangan serta operan yang akurat bakal membantu tim mengobrak-abrik pertahanan lawan. Dirinya berada di puncak karir sepak bola pada akhir 1990-an setelah membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 hingga pertengahan 2000-an ketika dirinya memutuskan untuk pensiun setelah Piala Dunia 2006.

 

Penyerang - Andriy Shevchenko (Tim nasional Ukraina) & Thierry Henry (Montreal Impact)

AC Milan dengan Shevchenko di lini depan dan Arsenal dengan Thierry Henry sebagai penyerang adalah dua tim yang sangat ditakuti. Thierry Henry punya kecepatan dan skill kontrol bola yang sangat baik dan insting tajam Shevchenko adalah penjebol gawang yang bakal sulit dihentikan. Keduanya juga punya kemampuan mencetak gol yang sama bagusnya. Total, keduanya bikin 503 gol sepanjang karir klub mereka. Bayangkan jika keduanya ada di satu tim yang sama, Bro.

Kalau para pelatih tersebut masih dalam kondisi prima untuk bermain dan tergabung dalam satu tim, apakah menurut lo bakal cukup untuk juara Liga Champions, Bro?