Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov adalah mixed martial artist asal Rusia, yang bersaing dalam beberapa gaya seperti judo, gulat, sambo dll. Ia punya rekor tak terkalahkan terpanjang dari 27 kemenangan. Saat ini, ia bertarung di divisi ringan dari Ultimate Fight Championship.banner-ads

Khabib terlatih dalam seni bela diri sejak usia muda, ia mengembangkan minat dalam hal yang sama ketika melihat ayahnya melatih murid-muridnya. Ia punya peringkat di International Master of Sports in Army Hand-to-Hand Combat, International Master of Sports in Pankration, dan World Champion in combat sambo.

Pada Januari 2019, ia ditempatkan di # 3 peringkat pound-for-pound resmi UFC.

Khabib Nurmagomedov lahir pada tanggal 20 September 1988 di Kirovaul di Distrik Kizilyurtovsky. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara Abdulmanap Nurmagomedov, seorang veteran perang dan atlet. Dia memiliki kakak lelaki bernama Mogamed dan adik perempuan Amina.

Khabib mulai menjalani pelatihan gulat sejak usia muda. Pada tahun 2001, ia mulai masuk di kelas judo. Setelah menginjak usia 17 tahun, Khabib mulai dilatih ayahnya sambo.



Pada September 2008, Khabib Nurmagomedov melakukan debut di MMA. Dalam sebulan dia mendapatkan empat kemenangan, tiga di antaranya dalam sehari.

Bulan berikutnya, ia memenangkan kejuaraan turnamen Piala Atrium perdana di Moskow. Dalam tiga tahun berikutnya, ia memenangkan 12 pertandingan, yang juga termasuk kemenangannya pada debut global M-1 pada tahun 2009.

Rekor mengesankan 16 kemenangan tanpa kekalahan dalam pertandingan akhirnya menarik perhatian Ultimate Fighting Championship (UFC). Pada 2011, ia menandatangani perjanjian enam pertarungan dengan UFC.

Pertandingan debutnya melawan Kamal Shalorus di awal 2012. Dia memenangkan pertandingan di babak ketiga. Sejak itu, ia terus bertarung dan menang.

7 April 2018, Nurmagomedov menghadapi lawan berat Al Iaquinta di UFC 223. Nurmagomedov berada dalam performa terbaiknya dan ia dengan mudah mengalahkan Iaquinta dan memenangkan pertarungan.

Pada 6 Oktober 2018, Nurmagomedov mempertahankan gelar UFC ringan melawan Conor McGregor di UFC 229 dengan mengalahkan McGregor di babak keempat.