Khabib Nurmagomedov memutuskan untuk pensiun. Petarung asal Rusia itu pensiun usai mengalahkan Justin Gaethje pada UFC 254 di Fight Island Abu Dhabi, Minggu (25/10/2020).banner-ads

Pertarungan tersebut dimenangkan The Eagle pada ronde kedua. Khabib menggunakan teknik kuncian triangle choke. Khabib meraih satu lengan Gaethje lalu mengapit dua kakinya mengunci leher Gaethje.

Justin Gaethje tak bisa melepaskan diri dari kuncian tersebut. Ia terlihat lemas hingga wasit menghentikan pertarungan. Khabib pun memastikan kemenangan sebagai juara bertahan kelas ringan UFC.



Kemenangan itu membuat rekor tak terkalahkan Khabib sebagai petarung MMA dengan sebanyak 29 kali. Khabib juga mempertahankan gelar juara lightweight UFC untuk ketiga kalinya.

Khabib terkait emosional usai juara. Ia terus bersujud, hingga dihampiri oleh Gaethje.

Khabib memang baru saja kehilangan sosok ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov. Ia meninggal karena sakit jantung dan komplikasi Covid-19 pada 3 Juli 2020.

"Kamu baru saja membuat ayahmu sangat bangga," ujar Justin Gaethje kepada Khabib Nurmagomedov.

Setelah itu, Khabib membuat pengumuman mengejutkan. Ia memutuskan pensiun sebagai atlet MMA.

Khabib pensiun karena sudah berjanji kepada ibunya untuk tidak bertarung lagi tanpa didampingi ayahnya. Bos UFC, Dana White mengaku tidak bisa berbuat banyak atas keputusan tersebut.