Yamaha telah menawarkan tiga kali juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo sebagai pembalap uji untuk tahun 2020. Bakal diterima?banner-ads

Lorenzo pensiun dari dunia balap MotoGP pada akhir Grand Prix Valencia 2019 setelah satu tahun yang sulit di Honda. Perjuangannya untuk beradaptasi dengan RC213V dan berbagai cedera membuatnya tidak berhasil menyelesaikan tempat di 10 besar.

Dia menghabiskan sembilan tahun sebagai pembalap Yamaha di MotoGP. Melakukan debutnya pada 2008, dan memenangkan tiga gelar kelas utamanya bersama M1 pada 2010, 2012 dan 2015.

Yamaha memperkenalkan tim uji Eropa untuk pertama kalinya tahun ini, dipimpin oleh mantan pembalap Tech3 Jonas Folger. Namun, Yamaha mengkonfirmasi di akhir tahun bahwa tidak akan melanjutkan kerjasama dengan Folger.



Bos Yamaha Lin Jarvis mengkonfirmasi di Valencia bahwa program pengujian telah ditinjau, dan mulai tahun 2020 akan ada tim uji global yang dibentuk. Sementara ia juga mengisyaratkan masih ada pembalap Eropa yang digunakan.

Lorenzo mengatakan di Servus TV di Austria minggu ini bahwa ia akan kembali di paddock pada tahun 2020, tetapi malu untuk menentukan dalam kapasitas apa.

"Tentu saja, aku akan kembali ke paddock, tapi aku belum tahu fungsinya. Kami pasti sedang mengerjakannya, mungkin saya bisa membicarakannya segera. Saya sudah bepergian begitu banyak, 17 tahun dalam hidup saya, selalu berada di hotel yang sama, di jalur yang sama, di tempat yang sama, melakukan hal yang sama," katanya.

"Ada banyak tekanan, ada banyak cedera. Dan selalu ada keinginan untuk memberikan yang terbaik, bahkan dalam pelatihan."