Luas area Mandalika, jika merujuk Peraturan Pemerintah No 52 Tahun 2014, ialah sebesar 1.035,67 hektar. Namun kini luas areal ini telah berkembang hingga 1.215,70 hektar.banner-ads

Menghadap Samudera Hindia, KEK Mandalika diharapkan dapat mengakselerasi sektor ekonomi pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial.

Baca Juga: Intip Persiapan Mandalika Jelang MotoGP Februari Mendatang



Provinsi Nusa Tenggara Barat terdiri atas dua pulau besar, yakni Lombok dan Sumbawa. Kedua pulau besar ini dikelilingi oleh 280 pulau-pulau kecil. Luas keseluruhan wilayah provinsi ini mencapai 49.312,19 kilometer persegi. Luas daratan 20.153,15 kilometer persegi atau 40,8 persen. Luas perairan 29.159,04 kilometer persegi atau 59,13 persen.

Mandalika punya sirkuit MotoGP yang bakal jadi tuan rumah balapan motor kasta tertinggi. Februari ini, Mandalika bakal kedatangan para rider papan atas dalam latihan bebas awal musim.



Sebulan setelah itu, tepatnya 18-20 Maret, Mandalika untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah MotoGP. Indonesia merupakan negara yang punya ribuan tempat wisata. Mandalika pun menawarkan hal tersebut, selain balapan kelas premier.

Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika memang berbasis pariwisata. Apa saja yang ditawarkan Mandalika?

1. Alam



Mandalika memiliki fitur unggulan yaitu pantai indah. Air laut yang jernih dengan angin pantai bakal memuaskan para pecinta MotoGP.

Wilayah pesisir itu juga menyiapkan resor-resor yang khas dengan pemandangan bukit hijau. Tak cuma bukit, Mandalika juga punya gunung yang memukau.



Status gunung ini termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), salah satu pesona unggulannya ialah keberadaan Danau Segara Anak.

2. Sejarah

Nama Mandalika sendiri disebut-sebut berasal dari seorang putri suku Sasak yang jadi idola banyak pangeran. Ia tak ingin menyakiti hati para pangeran itu, hingga akhirnya memilih untuk terjun ke laut.


 
Wisatawan yang datang tentunya wajib menjelajahi pantainya. Ada beberapa pantai yang menawarkan pemandangan yang indah. Begitu juga buat kalian yang hobi berselancar, ada Pantai Ubrug yang jadi favorit. Selain itu ada juga Pantai Seger, Pantai Kuta, Pantai Senggigi, Pantai Gili Meno, Pantai Gili Air, Pantai Gili Trawangan, hingga Pantai Selong Belanak.

Resor yang khas dengan Lombok dipadukan dengan budaya, membuat Mandalika jadi satu-satunya tempat eksotis pada gelaran MotoGP.

3. Budaya

Keindahan alam Mandalika sudah tak perlu diragukan lagi. Selain pemandangan, budaya juga jadi salah satu yang paling menarik perhatian wisatawan.



Mulai dari warganya, resornya hingga pernak-pernik khasnya bakal jadi pemandangan yang unik. Desa-desa di Mandalika juga sudah mulai bersolek jelang gelaran MotoGP. Para kepala desa menyiapkan banyak hal untuk ditawarkan sebagai bentuk ekonomi desa.