Dengan balapan pertama musim MotoGP 2021 hanya enam hari lagi, Marc Marquez telah mengambil keputusan untuk absen pada putaran pembukaan di Sirkuit Internasional Losail di Qatar. Ia absen atas saran tim medisnya dari Rumah Sakit Ruber Internacional.

Marquez telah meningkatkan harapannya untuk kembali pada balapan pembuka musim. Sebelumnya, ia dua hari mencoba balapan di trek Barcelona dan Portimao menggunakan RC213V-S.



Namun dokter menganggap Marquez masih perlu untuk melakukan penyembuhan. Ia pun dipastikan tidak balapan di Qatar.

Beberapa dokter telah menemukan respon klinis yang baik setelah pelatihan Marquez, 15 minggu setelah operasi dilakukan untuk pseudoarthrosis yang terinfeksi pada humerus kanan.

"Setelah pemeriksaan terakhir dengan tim medis, para dokter telah memberitahu saya bahwa hal yang paling bijaksana adalah tidak ambil bagian dalam Grand Prix Qatar dan melanjutkan rencana pemulihan yang telah kami ikuti belakangan ini," kata Marquez.

"Saya ingin sekali bisa berpartisipasi dalam balapan pembuka, tetapi kami harus terus bekerja untuk dapat memulihkan kondisi optimal yang memungkinkan kami kembali ke kompetisi."