Nama Harry Maguire emang lekat dengan kritikan pedas sejak bergabung dengan Manchester United. Punya status sebagai bek tengah termahal di dunia performanya di atas lapangan gak sejalan dengan status tersebut. Dirinya sering melakukan blunder dan defensive errors yang membuat Manchester United kebobolan. Belum lagi keputusan Ole menunjuknya sebagai kapten bikin Maguire makin jadi sorotan.

Tapi belakangan ini kayaknya nama Maguire emang lagi sedikit membaik. Belum lama ini ada sebuah statistik yang menunjukkan bahwa Maguire ada di tiga teratas pemain dengan persentase kemenangan duel udara tertinggi. Dirinya adalah pemain yang berhasil memenangkan 90% duel udara yang dilakukannya saat bertahan. Itu merupakan catatan yang impresif meskipun MU sekarang sedang kewalahan di Premier League.

Tapi, ada satu catatan lain yang mungkin bakal sedikit mengejutkan buat lo.banner-ads


Sebuah statistik heatmap yang dirilis menunjukkan catatan pergerakan pemain tersebut ketika Inggris menang melawan Islandia dengan skor 4-0 saat jeda internasional lalu. Maguire yang seharusnya bermain sebagai bek tengah di sini malah dipasang di sebelah kiri.

Ajaibnya, permainan sang kapten MU tersebut sebagai winger kiri malah menuai pujian. Pujian tersebut gak cuma sekedar ledekan, tapi sebuah video highlight menunjukkan bagaimana Maguire emang bermain apik pada posisi tersebut.


Bahkan ada beberapa cuitan di Twitter dari para pendukung timnas Inggris yang heran melihat Maguire bermain baik sebagai winger. Seakan gak percaya, mereka juga menyukai keputusan yang digunakan oleh Gareth Southgate saat itu.



Mungkin emang selama ini Maguire salah posisi dan gak cocok jadi bek? Gimana jadinya kalau posisi gak biasa ini dicoba oleh Manchester United dalam pertandingan-pertandingan tertentu?