Fabio Quartararo jadi pembalap tercepat Yamaha di MotoGP 2021. Ia tentu saja punya rahasia di balik kesuksesan itu.banner-ads

Kepala kru Quartararo di Yamaha, Diego Gubellini pun buka-bukaan tentang rahasia kesuksesan rider Prancis itu. Menurutnya, satu hal yang paling penting adalah untuk tidak cepat puas.

Quartararo terus dievaluasi dari berbagai aspek, termasuk kekurangan yang harus terus ditingkatkan. Dari sisi mental, Quartararo dipaksa untuk cepat berkembang. Ia juga yakin kunci utama kesuksesan Valentino Rossi dan Marc Marquez adalah itu.

Baca Juga: Quartararo Seperti Marquez Di Honda



Selain dari sisi psikologis, faktor teknis juga jadi sesuatu yang paling penting.

“Fabio berhasil menjadi cepat menggunakan kekuatan yang berbeda. Maksud saya adalah, ia mampu melaju dengan cepat tergantung pada lingkungan dengan mengerem lebih keras, atau dengan menambah kecepatan, atau dengan mengelola ban belakang lebih baik," ungkapnya.

"Kekuatannya adalah mampu melompat dari satu kekuatan ke kekuatan lain sambil tetap konstan selama balapan atau dari satu trek ke trek lainnya."



Tahun lalu, Quartararo juga tampil oke di awal musim. Tapi setelah itu, ia tiba-tiba menghilang.

“Pada 2019, pada debut MotoGP, dari Barcelona dan seterusnya, dia berjuang untuk podium atau jatuh, jadi dia bisa konsisten dengan motor itu," tuturnya.

"2020 adalah musim yang sangat istimewa, terutama dari aspek teknis. Padahal kami mewarisi motor tanpa mengujinya. Motor 2020 benar-benar berbeda baik dalam distribusi bobot, mesin, dan juga dalam penggunaan ban."

"Ketiga pembalap yang menggunakan motor itu, yaitu Fabio, Maverick, dan Valentino, mencapai hasil yang biasa-biasa saja. Sedangkan Fabio bermain untuk podium setiap hari Minggu dengan motor 2019."

"Saya memberi tahu Fabio, tidak perlu menjadi lapisan kedua pada hari-hari baik, tetapi harus tampil sangat baik pada hari-hari yang buruk."