Untuk sebagian besar fans sepak bola, Sir Alex Ferguson diakui sebagai manager terbaik di dunia. Dirinya sempat diragukan saat pertama kali menangani MU, namun mulai membuktikan kemampuannya ketika era Premier League dimulai. SAF bahkan menutup karirnya di Manchester United dengan membawa Setan Merah meraih gelar liga ke-20 (13 di era Premier League) pada 2013 lalu. Di samping menghasilkan performa tim yang luar biasa, pelatih asal Skotlandia ini juga menghasilkan banyak pemain hebat.

banner-ads

Bahkan, 28 pemain yang pernah berada di bawah arahan Sir Alex Ferguson sekarang mengikuti jejak sang manager. Nih Bro, beberapa di antara mantan pemain asuhan SAF yang jadi pelatih top.

Ole Gunnar Solskjaer

Sang pahlawan treble MU di akhir dekade 90an, Ole kembali membuktikan kemampuannya sebagai “pengganti” setelah menjadi caretaker selepas Mourinho dipecat. Well, mungkin Ole Gunnar Solskjaer belum membuktikan banyak hal dalam urusan kepelatihan. Tapi, mewarisi tahta dan tanggung jawab untuk mengembalikan kejayaan MU adalah sebuah langkah yang berani. Meski di bawah dirinya MU ada dalam performa yang angin-anginan, Ole sempat mencatatkan rekor tak terkalahkan di awal kepemimpinannya. Bahkan di paruh kedua musim ini performa MU mulai membaik setelah dirina berhasil memboyong Bruno Fernandes ke Old Trafford.

Steve Bruce

Steve Bruce bermain selama 9 musim di bawah kepelatihan Sir Alex Ferguson. Mungkin dirinya gak bener-bener “top” dalam hal ini, tapi Steve Bruce berhasil membawa Aston Villa kembali ke habitatnya di Premier League pada awal musim. Salah satu pemain asuhannya sekarang, Jack Grealish bahkan jadi salah satu incaran krusial untuk MU dan rencananya bakal direkrut pada awal musim depan.

Gordon Strachan

Gordon Strachan bermain selama tiga musim di bawah kepelatihan Sir Alex Ferguson. Pada tahun 2003, dirinya berhasil mengantarkan Southampton ke final Piala FA sebelum akhirnya pergi untuk menangani Celtic pada tahun 2005. Di Skotlandia, dirinya bisa dibilang sukses karena mampu mengantarkan klub tersebut juara Scottish Premier League sebanyak tiga kali, lalu Piala Liga Skotlandia dua kali dan Scottish Cup satu kali.

Laurent Blanc

Laurent Blanc mungkin jadi anak didik opa Fergie yang paling sukses di dunia kepelatihan. Selain bermain brilian sebagai pemain belakang, Laurent Blanc juga punya karir yang cemerlang sebagai pelatih. Pada tahun 2009, dirinya berhasil mengantarkan Bordeaux menjadi juara Ligue 1 sekaligus dengan Piala Liga Prancis. Di level tim nasional, dirinya pernah mengantarkan tim nasional Prancis ke perempat final Euro 2012 sebelum akhirnya mengundurkan diri. Lalu, ketika mulai menangani PSG pada tahun 2013, dirinya berhasil mengantarkan klub ibukota Prancis tersebut menjuarai liga tiga musim berturut-turut.

Sepertinya kesuksesan seorang Alex Ferguson dapat menginspirasi sebagian dari anak asuhnya untuk sukses di bidang yang sama. Siapa tau, mungkin di masa depan para pemain seperti Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney bakal jadi pelatih sukses juga. Bahkan sekarang Patrice Evra yang sempat jadi Full Back andalan Setan Merah sedang mengikuti kursus kepelatihan demi mendapatkan lisensi untuk jadi pelatih di Eropa.