Para Manajer Termahal di Italia

LAZONE.ID - Bisa tebak siapa aja?

Manajer dan pelatih sebagai peramu taktik sebuah tim adalah salah satu bagian paling krusial yang gak bisa disepelekan oleh direksi klub. Walaupun kadang pelatih medioker tiba-tiba naik namanya membawa sebuah tim juara, bayaran mereka gak bakal sebesar para manajer yang udah punya nama.

Kini, nilai seorang manajer dengan nama yang elit hampir mirip dengan seorang pemain bintang. Hal tersebut bisa dilihat dari cara klub membayar jasa para pelatih ini. Sebagai gambaran, untuk mendongkrak performa tim Juventus rela membayar Ronaldo 31 juta euro, berbeda jauh dengan rekan-rekan setimnya yang bahkan gak ada yang sampai 10 juta euro per musim.

Begitupun dengan para manajer, direksi klub kadang gak ragu buat menggelontorkan dana segar demi menjaga jasa nama nama besar. Nah berikut ini adalah manajer dengan bayaran tertinggi di Serie-A Italia.

Antonio Conte

Setelah hengkang dari Chelsea, nama Antonio Conte banyak diincar oleh klub Italia. Meski dirinya adalah legenda Juventus, ternyata Conte lebih memilih Inter Milan sebagai tujuan selanjutnya. Meski gak juara, Conte dinilai mampu membawa Inter Milan ke habitat mereka di papan atas dengan permainan impresif. Dalam satu musim, sang allenatore mendapatkan sekitar 12 juta euro.

Paulo Fonseca

Meski di posisi dua, nyatanya jumlah bayaran Fonseca jauh lebih kecil dariapda Conte. Dalam semusim, dirinya ‘cuma’ mendapatkan 2,5 juta euro. Dirinya diprediksi mampu kembali membawa tim ibu kota kembali bersaing di papan atas sepak bola Italia.

Gianpiero Gasperini

Gasperini bikin publik sepak bola Eropa terkejut musim lalu. Soalnya, sang allenatore berhasil membawa Atalanta berbicara banyak di kancah Eropa dengan lolos ke babak knock-out Liga Champions di keikutsertaan pertama mereka di kompetisi tertinggi sepak bola benua biru ini. Untuk itu, direksi klub memberikan kenaikan bayaran untuknya jadi 2,2 juta euro per musim.

Pioli, Simone Inzaghi, Sinisa Mihajlovic

Inzaghi juga jadi nama yang mengejutkan di Italia. Soalnya manajer satu ini berhasil membawa Lazio jadi pesaing ketat Juventus musim lalu sebelum sedikit terpeleset ketika laga digelar kembali saat pandemi. Tapi sebelumnya, allenatore satu ini berhasil bawa tim elang ibu kota menempel ketat Juventus dengan satu poin.

Lalu ada Stefano Pioli yang sempat meragukan musim lalu bersama AC Milan. Tapi sepertinya musim ini Milan bakal berbicara banyak di kompetisi domestik karena berhasil menyapu bersih tiga pertandingan awal.

Baik Inzaghi, Mihajlovic, maupun Pioli sama-sama dibayar sebesar 2 juta euro per musim.

Andrea Pirlo

Pirlo adalah manajer yang baru aja mendapatkan lisensinya cuma satu minggu sebelum ditetapkan sebagai manajer Juventus menggantikan Maurizio Sarri. Namun karena pengalamannya yang masih minim, Juventus belum berani membayarnya terlalu besar dan mengikatnya dengan kontrak senilai 1,8 juta euro per musim.

Dari semua manajer di atas, kira-kira mana yang menurut lo bakal membawa tim mereka kembali bersinar lagi musim ini?