Kemenangan adalah sebuah tujuan mutlak dari setiap tim sepak bola yang bertanding. Untuk meraih kemenangan, setiap tim harus punya strategi yang siap membendung serangan tim lain dan juga membalikkan keadaan lewat gol-gol yang dicetak ke gawang lawan.

Gol bisa diciptakan dengan berbagai cara, baik dari keadaan open play maupun dari eksekusi bola mati seperti pinalti atau tendangan bebas. Dalam beberapa kesempatan, banyak gol spektakuler yang mampu membuat penonton berdecak kagum karena keindahannya.

Mungkin, salah satu yang jarang terjadi adalah gol langsung dari tendangan penjuru alias corner kick. Biasanya para eksekutor tendangan ini akan mengumpan kepada rekan setimnya yang ada di kotak penalti lawan. Namun dalam beberapa kesempatan, tendangan tersebut langsung masuk ke gawang tanpa disentuh terlebih dulu oleh pemain di area tersebut. Beberapa pemain top pernah menghasilkan gol seperti itu dalam sebuah pertandingan.

Toni Kroos (Real Madrid vs Valencia)banner-ads

Kejadian unik berlangsung belum lama ini di ajang semifinal Supercopa de Espana yang berlangsung di Arab Saudi saat Real Madrid menghadapi Valencia. Saat itu Toni Kroos ditunjuk untuk mengambil tendangan penjuru. Toni Kroos yang melihat kiper lawan sedang lengah tanpa ragu melepaskan tendangan yang melengkung langsung ke arah gawang, Hasilnya, bola tersebut masuk langsung ke gawang. Real Madrid pun mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-1 dan bakal menghadapi Atletico Madrid di partai final nanti.

Angel Di Maria (Nimes Olympique vs PSG)

Di Maria ternyata jadi salah satu pemain yang pernah membuat gol langsung dari corner kick. Hal ini dia lakukan ketika melawan Nimes di lanjutan ajang Ligue 1 pada tahun 2018 lalu. Berbeda dengan tendangan yang dilakukan Kroos, kiper Nimes saat itu gak berada jauh dari garis gawang tapi Di Maria tetap berani untuk mengeksekusi tendangan tersebut. Hasilnya, bola meluncur mulus masuk ke dalam gawang setelah melengkung melewati beberapa pemain.

Mohamed Salah (Mesir vs Swaziland)

Salah mungkin jadi satu dari sekian pemain yang ahli membuat tendangan yang melengkung saat ini. Golnya yang melengkung pada tahun 2018 lalu pun mendapatkan penghargaan Puskas Awards sebagai gol terbaik. Keahlian tersebut juga dilakukan dengan membuat gol dari tendangan penjuru secara langsung saat dirinya membela timnas Mesir melawan Swaziland pada tahun 2018. Para pemain belakang Swaziland tak berkutik melihat tendangan melengkung tersebut dan kiper yang sedang lengah juga kaget melihat bola meluncur langsung ke arah gawangnya.

David Beckham (LA Galaxy vs Metapan)

Istilah “bend it like Beckham” muncul bukan tanpa alasan. Legenda Manchester United itu emang terkenal dengan kemampuannya membelokkan bola untuk menciptakan gol tendangan bebas yang super akurat. Pada tahun 2011 pun saat dirinya bermain untuk LA Galaxy, Beckham mencetak sebuah gol secara langsung dari tendangan penjuru. Kiper sebenarnya berhasil menepis tendangan tersebut tepat di atas garis gawang, sayangnya, bola memantul masuk ke dalam gawang dan tendangan tersebut menjadi secara langsung oleh Beckham.

Di antara gol-gol tersebut, mana menurut lo yang paling keren, Bro?