Raja Rally Carlos Sainz Juara Dakar

LAZONE.ID - Ini merupakan kemenangan ketiganya di ajang tersebut.

Carlos Sainz meraih kemenangan ketiganya secara keseluruhan di Rally Dakar pada hari Jumat setelah mempertahankan keunggulannya melalui tahap terakhir di Arab Saudi.

Sainz telah memimpin sebagian besar balapan di Arab Saudi, dan memegang keunggulan 10 menit atas Nasser Al-Attiyah menuju tahap akhir dari Haradh ke Qiddiya.

Sementara, Al-Attiyah belum mampu mempertahankan keunggulan bersama Toyota Gazoo Racing. Ia harus mengakui kemenangan Sainz yang berhasil menjadi juara dengan keunggulan tiga menit.



Ini menandai kemenangan pertama untuk mobil Mini X-Raid sejak 2015, dan merupakan kemenangan kedua dalam tiga tahun untuk Sainz dan co-driver Lucas Cruz.

Sedangkan veteran Rally Dakar, Stephane Peterhansel mampu melengkapi posisi podium di tempat ketiga. Juara dunia dua kali Formula 1, Alonso, mengakhiri debutnya di Dakar ke-13 secara keseluruhan. Ia juga berhasil naik ke posisi keempat pada tahap akhir.

Dalam kategori motor, Honda mengakhiri dominasi KTM ketika Ricky Brabec mencetak kemenangan untuk tim Monster Energy, mengalahkan Pablo Quintanilla dengan selisih 16 menit. Itu menandai pertama kalinya sejak tahun 2000, motor KTM tidak memenangkan kategori sepeda motor di Dakar.