Siapakah kiper terbaik sepak bola Inggris di era Premier League?

Mungkin gak ada jawaban salah atau benar untuk pertanyaan itu, semuanya tergantung pendapat dan opini masing-masing orang. Tapi, mau gimanapun, sebagian kiper emang pantas untuk ke dalam pembicaraan tentang kiper-kiper terbaik.

Setiap musimnya, Premier League ditaburi banyak kiper-kiper brilian yang menghiasi jalannya pertandingan.banner-ads

Dulu, Peter Schmeichel adalah benteng kokoh di era 1990an dan mungkin jadi yang terbaik di periode tertentu. Mantan kiper utama Arsenal dan Inggris, David Seaman juga merupakan saingan Schmeichel di era yang sama.

Setelah dua kiper tersebut, di era 2000an ada dua nama yang jadi pusat perhatian, Edwin Van der Sar dan Petr Cech. Keduanya mendominasi dekade tersebut bersama tim masing-masing. Bahkan keduanya bertemu di final Liga Champions tahun 2008 lalu.

Generasi terus berganti, dan di dekade 2010an, lo bisa melihat David De Gea mendominasi perbincangan sebagai kiper terbaik di liga. Hingga akhirnya dua kiper utama Brasil, Ederson Moraes dan Alisson Becker bergabung dengan Manchester City dan Liverpool.

Tapi, kayaknya gak lengkap kalau ngomongin kiper terbaik tanpa melihat data dari statistiknya secara nyata.

Data tersebut nunjukin kiper-kiper dengan persentase penyelamatan terbaik di setiap musim sejak 1992. Lo bisa melihat nama Petr Cech jadi yang paling atas pada daftar tersebut. Kiper yang identik dengan pelindung kepalanya ini ternyata pernah tampil dengan performa luar biasa dengan persentase penyelamatan sekitar 91%. Dengan kata lain, kiper asal Republik Ceko ini berhasil menepis lebih dari 9/10 bola yang mengarah ke gawangnya. Hal tersebut terjadi pada tahun 2007.

Seperti yang gue sebutin barusan Bro, Cech dan Van der Sar mendominasi Premier League di dekade 2000an. Bahkan keduanya adalah pemegang rata-rata di atas 80% terbanyak, yaitu masing-masing melakukannya dalam 5 musim yang berbeda.

Kalau lihat statistik di atas sih, bisa dibilang Petr Cech jadi yang terbaik di Premier League dengan Van Der Sar mengikuti di belakangnya.

Tapi, gue bakal balik lagi ke pertanyaan awal. Menurut lo, siapa kiper terbaik di sepak bola Inggris?